ETIKA PENDIDIK MENURUT KH. HASYIM ASY’ARI DAN RELEVANSINYA DENGAN KODE ETIK GURU DI INDONESIA (Study Kasus di SD Negeri Jetis 2 Yogyakarta)

Heni Ekawati, NM.: 19204010118 (2022) ETIKA PENDIDIK MENURUT KH. HASYIM ASY’ARI DAN RELEVANSINYA DENGAN KODE ETIK GURU DI INDONESIA (Study Kasus di SD Negeri Jetis 2 Yogyakarta). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ETIKA PENDIDIK MENURUT KH. HASYIM ASY’ARI DAN RELEVANSINYA DENGAN KODE ETIK GURU DI INDONESIA (Study Kasus di SD Negeri Jetis 2 Yogyakarta))
19204010118_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ETIKA PENDIDIK MENURUT KH. HASYIM ASY’ARI DAN RELEVANSINYA DENGAN KODE ETIK GURU DI INDONESIA (Study Kasus di SD Negeri Jetis 2 Yogyakarta))
19204010118_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan suatu proses atau upaya manusia untuk dapat mengembangkan potensi baik yang berupa jasmani maupun rohani agar mampu menjadi pribadi yang seimbang. Dengan hal tersebut pada hakikatnya pendidikan adalah usaha membudidayakan manusia atau memanusiakan manusia, pendidikan juga merupakan hal yang tepat untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan sangat diperlukan guna meningkatkan mutu bangsa secara menyeluruh. Dalam penyelenggaraan pendidikan di Indonesia merupakan suatu sistem nasional yang diatur secara sistematis. Pendidikan nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdasakan kehidupan bangsa. Oleh sebab itu etika merupakan suatu yang sangat penting dan mendasar dalam kehidupan bagi manusia. Etika merupakan tolak ukur bagi keluhuran sikap mental, kepibadian, dan perilaku manusia, serta menjadi ciri khas (keistimewaan) yang membedakan manusia dengan makhluk-mahkluk lainya. Tujuan dari penelitian ini yaitu pertama, Untuk mengetahui etika pendidik menurut KH. Hasyim Asy’ari, kemudian untuk mengetahui relevansi etika pendidik menurut KH. Hasyim Asy’ari dengan Kode Etik guru yang ada di Indonesia dan untuk mengetahui praktik pelaksanaan etika pendidik di SD Negeri Jetis 2 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan sumber data primer berupa kitab karangan dari KH. Hasyim Asy’ari yaitu Adab Al-Alim wa al-muta’allim, dan kode etik guru di Indonesia dan data sekundernya dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi dengan mengambil sample dari kepalasa sekolah, guru serta staff di SD Negeri Jetis 2 Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini yaitu Pertama, Etika guru terhadap dirinya sendiri, yaitu dengan guru harus dapat bersikap tawadhu’ terhadap sesama rekan kerja dan masyarakat di sekitar sekolah. Kedua, Etika guru terhadap pembelajaran, guru harus mampu merancang dan mepersiapkan kegiatan belajar sesuai dengan kondisi dari peserta didiknya sebelum melaksankan proses pembelajaran. Ketiga, Etika guru terhadap peserta didik yaitu guru memberikan kasih saying yang penuh kepada peserta didik dan tidak membeda-bedakan atara peserta didik satu dengan yang lain, walaupun ada yang termasuk kedalam anak ABK (Anak berkebutuhan khusus).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Dwi Ratnasari, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Etika Pendidik, KH Hasyim Asy’ari, Kode Etik Guru
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 28 Sep 2022 09:12
Last Modified: 28 Sep 2022 09:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53545

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum