STRATEGI PENANAMAN NILAI KARAKTER ISLAMI UNTUK MENINGKATKAN SPIRITUAL QUOTIENT SISWA DI MA NU TASYWIQUT THULLAB SALAFIYAH (TBS) KUDUS

Roisul Habib, NM.: 19204010124 (2022) STRATEGI PENANAMAN NILAI KARAKTER ISLAMI UNTUK MENINGKATKAN SPIRITUAL QUOTIENT SISWA DI MA NU TASYWIQUT THULLAB SALAFIYAH (TBS) KUDUS. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PENANAMAN NILAI KARAKTER ISLAMI UNTUK MENINGKATKAN SPIRITUAL QUOTIENT SISWA DI MA NU TASYWIQUT THULLAB SALAFIYAH (TBS) KUDUS)
19204010124_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PENANAMAN NILAI KARAKTER ISLAMI UNTUK MENINGKATKAN SPIRITUAL QUOTIENT SISWA DI MA NU TASYWIQUT THULLAB SALAFIYAH (TBS) KUDUS)
19204010124_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan suatu lembaga yang bertujuan untuk mencerdaskan anak bangsa. Kasus amoralitas seperti halnya tawuran antar pelajar, pelecehan seksual, radikalisme dan lain sebagainya yang melibatkan para pelajar. Hal ini menunjukkan adanya ketimpangan dalam dunia pendidikan yang diindikasikan dengan kurang terjamahnya kecerdasan spiritual (Spiritual Quotient) siswa. MA NU TBS Kudus memilih untuk melakukan penanaman nilai-nilai karakter islami dengan harapan siswa dengan kecerdasan spiritual yang tinggi akan memiliki pondasi yang kuat dalam menjalani kehidupannya di era modern sehingga tidak terjerat pada berbagai kasus amoralitas. Tujuan yang ingin dicapai dalam penulisan tesis ini adalah untuk mengetahui bagaimana pendekatan dan pola operasional yang dilakukan dalam penanaman nilai-nilai karakter islami untuk meningkatkan kecerdasan spiritual (Spiritual Quotient) siswa MA NU TBS Kudus. Teknik pengumpulan data yang penulis lakukan untuk mencapi tujuan tersebut adalah dengan observasi, interview (wawancara) dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang penulis pakai adalah analisis deskriptif sehingga dapat menggambarkan fakta-fakta yang ada dilapangan secara sistematis dan faktual dan selanjutnya dilakukan pengolahan dan analisa data sesuai dengan prosedur yang ada secara objektif dan sistematis. Adapun hasil penelitian tesis yang penulis dapatkan adalah strategi penanaman nilai-nilai karakter yang dilakukan MA NU TBS Kudus dapat menunjukkan adanya peningkatan pada kecerdasan spiritual (Spiritual Quotient) siswa. Hal ini diukur berdasarkan empat indikator sebagai berikut: menjunjung tinggi kejujuran, tanggung jawab,rendah hati dan tanggap lingkunagan

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Prof.Dr. H. Mahmud Arif, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Starategi, Penananman Nilai-nilai Karakter Islami dan kecerdasan spiritual (Spiritual Quotient0
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 28 Sep 2022 09:17
Last Modified: 28 Sep 2022 09:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53546

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum