PENGARUH GAYA PENGASUHAN ORANG TUA DAN PENGGUNAAN GADGET (GAWAI) TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA SMP NEGERI 16 BUTON TENGAH SULAWESI TENGGARA

Fikasafitri, NIM.: 20200011068 (2022) PENGARUH GAYA PENGASUHAN ORANG TUA DAN PENGGUNAAN GADGET (GAWAI) TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA SMP NEGERI 16 BUTON TENGAH SULAWESI TENGGARA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH GAYA PENGASUHAN ORANG TUA DAN PENGGUNAAN GADGET (GAWAI) TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA SMP NEGERI 16 BUTON TENGAH SULAWESI TENGGARA)
20200011068_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH GAYA PENGASUHAN ORANG TUA DAN PENGGUNAAN GADGET (GAWAI) TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA SMP NEGERI 16 BUTON TENGAH SULAWESI TENGGARA)
20200011068_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Yogyakarta, 2022. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh gaya pengasuhan orangtua terhadap kedisiplinan belajar siswa SMP Negeri 16 Buton Tengah Sulawesi Tenggara. (2) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan gadget (gawai) terhadap kedisiplinan belajar siswa SMP Negeri 16 Buton Tengah Sulawesi Tenggara. (3) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh gaya pengasuhan orangtua dan penggunaan gadget (gawai) terhadap kedisiplinan belajar siswa SMP Negeri 16 Buton Tengah Sulawesi Tenggara. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dan strategi korelasional. 103 peserta penelitian adalah siswa SMP Negeri 16 Buton Tengah Sulawesi Tenggara, dan pendekatan pemilihan purposive digunakan untuk memilih sampel sebanyak 30 individu dari seluruh siswa. Metode dan sumber pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner (angket) yang menggunakan skala Likert. Regresi berganda digunakan untuk menganalisis data penelitian menggunakan SPSS 23.0. Hasil penelitian menunjukkan: (1) diperoleh hasil nilai thitung sebesar 2,585 dengan nilai signifikansi 0,025 yang lebih kecil dari 0,05, yang berarti Ha1 dapat diterima, dan membuktikan ada pengaruh signifikan antara gaya pengasuhan orangtua terhadap kedisiplinan belajar siswa SMP Negeri 16 Buton Tengah Sulawesi Tenggara. (2) diperoleh hasil nilai thitung sebesar 0.663 dengan nilai signifikansi T penggunaan gadget (gawai) 0,013 lebih kecil dari 0,05, yang berarti Ha2 dapat diterima, dan membuktikan penggunaan gadget (gawai) berpengaruh terhadap kedisiplinan belajar siswa SMP Negeri 16 Buton Tengah Sulawesi Tenggara. (3) diperoleh hasil nilai Fhitung sebesar 3,343 dan nilai signifikansi 0,038 lebih kecil dari 0,05 yang berarti Ha3 dapat diterima, dan membuktikan bahwa variabel gaya pengasuhan orang tua dan penggunaan gadget (gawai) pada saat yang sama dapat mempengaruhi kedisiplinan belajar siswa SMP Negeri 16 Buton Tengah Sulawesi Tenggara, dan bisa disimpulkan gaya pengasuhan orang tua yang ideal (kontrol dan kehangatan) dalam mengasuh anak dan menggunakan gadget (gawai) digunakan secara optimal dan benar, akan meningkatkan disiplin belajar siswa dan proses belajar mengajar di kelas. Secara simultan, variabel gaya pengasuhan orang tua dan penggunaan gadget (gawai) dapat mempengaruhi disiplin belajar siswa SMP Negeri 16 Buton Tengah. Dari hasil perolehan nilai R2, gaya pengasuhan orangtua (Kontrol dan Kehangatan) dan penggunaan gadget (gawai) berkontribusi pengaruh sebesar 49 % terhadap kedisiplinan belajar, sedangkan 51% yang tersisa dipengaruhi oleh berbagai faktor/variabel yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nurus Sa’adah, S.Psi, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Gaya Pengasuhan, Penggunaan Gadget, Kedisiplinan Belajar
Subjects: Permasalahan dan Layanan kepada Anak dan Remaja
Pola Asuh
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Psikologi Pendidikan Islam
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 28 Sep 2022 09:58
Last Modified: 28 Sep 2022 09:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53552

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum