PENDIDIKAN TOLERANSI BAGI GURU-GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TINGKAT SLTA DI DIY (Studi Tentang Lokakarya Institut DIAN/Interfidei)

Nurwahidah, NIM.: 19204012028 (2022) PENDIDIKAN TOLERANSI BAGI GURU-GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TINGKAT SLTA DI DIY (Studi Tentang Lokakarya Institut DIAN/Interfidei). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN TOLERANSI BAGI GURU-GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TINGKAT SLTA DI DIY (Studi Tentang Lokakarya Institut DIAN/Interfidei))
19204012028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN TOLERANSI BAGI GURU-GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TINGKAT SLTA DI DIY (Studi Tentang Lokakarya Institut DIAN/Interfidei))
19204012028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Sebagai kota pelajar dan daerah tujuan wisata, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY/Yogyakarta) berkembang menjadi salah satu provinsi di Indonesia dengan masyarakat yang majemuk, termasuk dalam keragaman etnis dan agama yang dianut warganya. Meski dikenal sebagai daerah dengan warganya yang ramah dan damai, serta telah mendeklarasikan diri sebagai kota toleran pada tahun 2006, namun ternyata Yogyakarta juga tidak luput dari persoalan intoleransi. Institut DIAN/Interfidei sebagai organisasi masyarakat sipil berbentuk NGO yang concern terhadap isu-isu hubungan antaragama, demokrasi dan mengupayakan keadilan di Indonesia melakukan pelatihan pendidikan toleransi bagi guru-guru agama di DIY. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis konsep pelatihan tersebut sehingga mampu meningkatkan kapasitas guru PAI dalam mengelola, memaknai, dan merawat perbedaan dalam keberagaman di lingkungan pendidikan menengah atas di DIY dengan mempromosikan toleransi. Pendekatan teori multikultural James A.Banks digunakan dalam penelitian ini untuk menganalisis dan memahami proses pedidikan toleransi dalam kegiatan lokakarya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik deskriptif analitik dan dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa Lokakarya bagi guru dapat memutus mata rantai kebutaan guru terhadap perbedaan dan toleransi. Utamanya menjembantani ajaran keagamaan (dalam hal ini Pendidikan agama Islam) yang bersifat ritual keagamaan dengan kebhinekaan (Pancasila) sebagai ideologi kebangsaan. intervensi yang bisa meningkatkan kapasitas dan keterampilan para guru PAI dalam mengelola, memaknai, dan merawat perbedaan dan keberagaman dapat dilakukan melalui metode udar prasangka, kunjungan dan perjumpaan secara langsung dengan yang berbeda, serta dialog yang aktif -konstruktif. Guruguru PAI menerapkan Pendidikan yang mempromosikan toleransi berdasar pengalaman dan pengetahuan yang didapatkan dari lokakarya Interfidei. Di antaranya adalah menerapkan pendidikan berbasis pengalaman, melakukan metode kunjungan, perjumpaan dan dialog dengan yang berbeda. secara tidak langsung lokakarya Interfidei telah membuka peluang terjadinya kolaborasi bagi berbagai kemungkinan pembangunan di beberapa aspek kehidupan sosial yang tidak lagi mempertentangkan perbedaan latar belakang, melainkan membentuk para pendidik yang kritis, terbuka, toleran, berwawasan multikulturalis dan pluralis

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Sibawaihi S.Ag., M.Si., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Toleransi, Guru PAI, Interfidei
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 28 Sep 2022 09:56
Last Modified: 28 Sep 2022 09:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53559

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum