PENGEMBANGAN METODE AUDIO-LINGUAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SD MUHAMMADIYAH SURONATAN

Joko Lukito, NIM.: 19204020034 (2022) PENGEMBANGAN METODE AUDIO-LINGUAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SD MUHAMMADIYAH SURONATAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN METODE AUDIO-LINGUAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SD MUHAMMADIYAH SURONATAN)
19204020034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA (2).pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN METODE AUDIO-LINGUAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SD MUHAMMADIYAH SURONATAN)
19204020034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR (2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa dalam memahami bahasa Arab melalui metode audio-lingual pada siswa kelas V di SD Muhammadiyah Suronatan. Metode audio-lingual (Metode mendengarkan dan berbicara) merupakan metode yang didasari pada pendekatan struktural dalam pembelajaran bahasa. Kemampuan menyusun teks secara lisan dapat diukur dengan keterampilan dalam mengungkapkan maksud, gagasan, dan pemikirannya dalam bahasa Arab secara sederhana maupun sitematis. Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan yaitu RnD (Research and Development) melalui pendekatan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and, Evaluation). Desain dalam penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (Field Study). Peneliti menggunakan sampel berjumlah 82 siswa yaitu kelas V A menjadi kelas kontrol dan V B menjadi kelas eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 11 pertanyaan yang ditujukan pada lembar kuisioner, diperoleh hasil yang sangat baik dengan rata-rata 4,8 dan dapat diartikan siswa sangat puas terhadap pengembangan metode pembelajaran menggunakan audio-lingual. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa adanya peningkatan sebesar 4,2 dalam memahami bahasa Arab menggunakan metode audio-lingual pada siswa/siswi kelas V SD Muhammadiyah Suronatan, Yogyakarta

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Dailatus Syamsiyah, S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa dalam memahami bahasa Arab melalui metode audio-lingual pada siswa kelas V di SD Muhammadiyah Suronatan. Metode audio-lingual (Metode mendengarkan dan berbicara) merupakan metode yang didasari pada pendekatan struktural dalam pembelajaran bahasa. Kemampuan menyusun teks secara lisan dapat diukur dengan keterampilan dalam mengungkapkan maksud, gagasan, dan pemikirannya dalam bahasa Arab secara sederhana maupun sitematis. Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan yaitu RnD (Research and Development) melalui pendekatan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and, Evaluation). Desain dalam penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (Field Study). Peneliti menggunakan sampel berjumlah 82 siswa yaitu kelas V A menjadi kelas kontrol dan V B menjadi kelas eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 11 pertanyaan yang ditujukan pada lembar kuisioner, diperoleh hasil yang sangat baik dengan rata-rata 4,8 dan dapat diartikan siswa sangat puas terhadap pengembangan metode pembelajaran menggunakan audio-lingual. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa adanya peningkatan sebesar 4,2 dalam memahami bahasa Arab menggunakan metode audio-lingual pada siswa/siswi kelas V SD Muhammadiyah Suronatan, Yogyakarta.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 28 Sep 2022 10:01
Last Modified: 28 Sep 2022 10:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53560

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum