PENYAJIAN CINEMA THERAPY UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI

Munawaroh.D, NIM.: 20200011115 (2022) PENYAJIAN CINEMA THERAPY UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENYAJIAN CINEMA THERAPY UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI)
20200011115_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PENYAJIAN CINEMA THERAPY UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI)
20200011115_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Cinema Therapy adalah suatu cara atau sistem untuk melakukan suatu terapi terapi film merupakan metode yang akan digunakan untuk membantu siswa. Terapi film atau film yang akan diputar akan membantu memecahkan masalah yang dihadapi siswa. Cinema Therapy dapat digunakan untuk menangani beberapa kompleksitas perilaku remaja. Seperti meningkatkan motivasi, Prososial, kepercayaan diri. Dengan menonton film atau video dapat melibatkan kesadaran remaja, dapat mengidentifikasi hubungan dengan situasi dan karakter dalam film yang mengarah ke eksplorasi dan wawasan pribadi sambil menjaga jarak emosional dari pengalaman stres. Potensi diri merupakan kemampuan atau kekuatan diri seseorang baik yang belum terwujud maupun yang telah terwujud, akan tetapi belum sepenuhnya terlihat atau dipergunakan secara maksimal oleh seseorang. Kepercayaan diri merupkan modal penting yang harus dimiliki oleh anak untuk masa depannya. Karena Kepercayaan diri berpengaruh terhadap mental dan karakter yang dimiliki oleh anak. Ketika anak memiliki mental yang kuat, maka anak akan lebih mudah merespon setiap tantangan dalam hidupnya dengan realistis. Metode Penelitian ini menggunkan penelitian kuantitaif dengan menggunkan metode pengumpulan data observasi, wawancara dan kuisioner (Angket) dengan butir angket 30 item yang dilakukan di SMA IT Washilatul Huda Bandar Dalam. Desain penelitian ini menggunkan one grup Preetest Postetst yang dilakukan 1 kleas dengan teknik sampling purvosive sampling. berjumlah 32 peserta didik. Hasil skor yang didapatkan dari pretest sebesar 849 dengan nilai rata-rata atau mean 84.9 .dan hasil skor yang didapatkan dari posttest yang telah diperoleh sebesar 2.08.3 dengan hasil jumlah nilairata-rata atau mean 2.08.3 terdapat selisih antara hasil skor pretest dan hasil skor posttes sebesar 2.08.3 dengan nilai rata-rata 2.08.3 Dari hasil jumlah skor dan nilai ratarata pretest dan posttest menunjukkan telah adanya peningkatan Kepercayaan diri dalam meningkatakan Potensi Diri peserta didik kelas X setelah diberikannya treatment. Dapat pula dilihat dari hasil pretest dan hasil posttest (dengan jumlah nilai skor : 849 < 2083 atau rata-rata : 84.9 < 2.08.3) dapat pula disimpulkan bahwa Cinema Therapy memeiliki pengaruh dalam meningkatkan kepercayaan diri

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nurus Sa'adah, S.Psi, M.Si., Psi.
Uncontrolled Keywords: Penyajian Cinema Therapy, Kepercayaan Diri, Bimbingan Kelompok
Subjects: Psikologi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Psikologi Pendidikan Islam
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 28 Sep 2022 11:10
Last Modified: 28 Sep 2022 11:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53568

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum