PENDIDIKAN KARAKTER SANTRI PONDOK PESANTREN BUSTANUL ‘ULUM NGAWI PERSPEKTIF KITAB ADABUL ‘ALIM WAL MUTA’ALLIM KARANGAN K.H. HASYIM ASY’ARI

Muchammad Saiful Machfud, NIM.: 20200012001 (2022) PENDIDIKAN KARAKTER SANTRI PONDOK PESANTREN BUSTANUL ‘ULUM NGAWI PERSPEKTIF KITAB ADABUL ‘ALIM WAL MUTA’ALLIM KARANGAN K.H. HASYIM ASY’ARI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN KARAKTER SANTRI PONDOK PESANTREN BUSTANUL ‘ULUM NGAWI PERSPEKTIF KITAB ADABUL ‘ALIM WAL MUTA’ALLIM KARANGAN K.H. HASYIM ASY’ARI)
20200012001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN KARAKTER SANTRI PONDOK PESANTREN BUSTANUL ‘ULUM NGAWI PERSPEKTIF KITAB ADABUL ‘ALIM WAL MUTA’ALLIM KARANGAN K.H. HASYIM ASY’ARI)
20200012001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya fenomena tentang penyebab runtuhnya potensi karakter bangsa Indonesia pada saat ini, di antaranya faktor pendidikan, dan bahwa tujuan diselenggarakannya pendidikan merupakan mekanisme institusional yang mengakselerasi pembinaan karakter bangsa. Masalah karakter merupakan masalah yang paling urgen dalam kehidupan manusia. Oleh karena itu, banyak orang baru menyadari betapa pentingnya pendidikan karakter di tengah-tengah kebobrokan dan kebangkrutan moral bangsa, dan perlunya pemilihan yang selektif pada lembaga pendidikan untuk dapat dipercaya dalam mendidik karakter anak bangsa. Pondok pesantren sebagai salah satu lembaga pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam sistem pendidikan karakter. Bimbingan, pembinaan, dan pengawasan penanaman pendidikan karakter santri pondok pesantren berlangsung selama 24 jam dan dikembangkan dengan telaah kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim karangan KH. Hasyim Asy’ari.” “Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pelaksanaan dan memaparkan karakter yang harus dimiliki oleh seorang pengajar dan pelajar dalam perspektif pendidikan karakter di Pondok Pesantren Bustanul ‘Ulum Ngawi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan kajian analisis kualitatif dan pendekatan fenomenologis. Teknik penentuan sampel sumber data menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian berjuma 12 sampel yang terdiri dari 3 ustadz, 2 ustadzah, 4 santri putra dan 3 santri putri. Pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara mendalam.” “Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) karakter santri Pondok Pesantren Bustanul ‘Ulum Ngawi termanifestasikan dalam sikap dan perilaku, seperti: religius, jujur, qanā’ah, amanah, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, cinta tanah air, cinta damai, peduli sosial, dan tanggungjawab. (2) Program pendidikan karakter santri Pondok Pesantren Bustanul ‘Ulum Ngawi dilakukan melalui tiga aspek, yaitu: melalui kegiatan belajar mengajar, kegiatan ekstrakurikuler, dan aktivitas santri yang dilaksanakan melalui program harian, mingguan, bulanan, dan tahunan. (3) Pendidikan karakter santri Pondok Pesantren Bustanul ‘Ulum Ngawi perspektif kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim mengarah pada penciptaan karakter yang baik yang harus dimiliki oleh setiap pendidik dan peserta didik, dan tatakrama baik kepada orang alim maupun buku atau kitab dan mata pelajaran, guna menjadikan pribadi yang memiliki karakter, berakhlakul karimah, dan mendapatkan ilmu yang dipelajari.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Zulkipli Lessy, M.Ag., M.S.W., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Karakter, Santri, Adabul ‘Almin wal Muta’allim
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 28 Sep 2022 11:22
Last Modified: 28 Sep 2022 11:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53575

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum