PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SDN 1 BABAHROT

Nafizaturrahmi, NIM.: 19204082007 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SDN 1 BABAHROT. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SDN 1 BABAHROT)
19204082007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SDN 1 BABAHROT)
19204082007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Rincian masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project dan kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk:1) Mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project terhadap hasil belajar matematika siswa SDN 1 Babahrot 2) Mengetahui seberapa besar pengaruh kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar matematika siswa SDN 1 Babahrot 3) Mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project dan kemampuan pemecahan masalah secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa SDN 1 Babahrot. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan populasi yakni siswa kelas IV SDN 1 Babahrot yang berjumlah 31 siswa yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas IVA yang berjumlah 16 siswa dan kelas IVB yang berjumlah 15 siswa dan Penentuan sampel yang peneliti lakukan yaitu dengan tekhnik sampling jenuh, di mana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. dalam penelitian ini tekhnik analisis regresi linier sederhana digunakan untuk melihat pengaruh X1 (Model pembelajaran MMP) terhadap Y (Hasil belajar matematika siswa) dan X2 (Kemampuan pemecahan masalah) terhadap Y (Hasil belajar matematika siswa). Selain itu juga digunakan analisis regresi berganda untuk melihat pengaruh X1 dan X2 secara bersama-sama terhadap Y. Berdasarkan hasil dari uji hipotesis dengan analisis regresi linier sederhana dan analisa regresi berganda menunjukkan bahwa: 1) Penerapan Missouri Mathematics xv Project (MMP) dapat memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa di SDN 1 Babahrot. Besarnya pengaruh tersebut adalah 16%. 2) Kemampuan pemecahan masalah dapat memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa di SDN 1 Babahrot. Besarnya pengaruh tersebut adalah 10,2%, dan 3) Penerapan Missouri Mathematics Project (MMP) dan pemecahan masalah secara bersama-sama dapat memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa di SDN 1 Babahrot. Besarnya pengaruh tersebut adalah 42,4%. Dapat disimpulkan bahwa Adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Missouri Mathematics Project dan kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Drs. Ichsan, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project, Kemampuan Pemecahan Masalah, Hasil Belajar Matematika Siswa.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 28 Sep 2022 13:53
Last Modified: 28 Sep 2022 13:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53583

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum