MANAJEMEN PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI HIDDEN CURRICULUM DI SMK PELITA BUANA YOGYAKARTA

Barirohmah, NIM.: 19204090029 (2022) MANAJEMEN PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI HIDDEN CURRICULUM DI SMK PELITA BUANA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI HIDDEN CURRICULUM DI SMK PELITA BUANA YOGYAKARTA)
19204090029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI HIDDEN CURRICULUM DI SMK PELITA BUANA YOGYAKARTA)
19204090029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini berhubungan dengan pentingnya pembinaan karakter religius kepada siswa sebagai upaya dalam membentengi diri siswa dari pengaruh pergaulan di usia remaja. Dengan cara dibangun nilai-nilai karakter As-Shidiq, amanah, fathonah, tablaigh, bertanggungjawab, disiplin dan peduli. Metode dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, dan guru jurusan Tata Busana. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan wawancara, observasi dan dokumentasi sementara teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan, keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam kegiatan pembinaan karakter religius melalui hidden curriculum di SMK Pelita Buana Yogyakarta tidak menerapkan fungsi manajemen. Dalam kegiatan pembinaan karakter religius melalui hidden curriculum tersebut tidak terdapat adanya perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan evaluasi. Sehingga tidak dapat diketahui dengan jelas dan pasti perkembangan dan hasil pembinaan karakter religius melalui hidden curriculum di SMK Pelita Buana Yogyakarta. Kegiatan pembinaan karakter religus tersebut dilakukan dengan spontanitas. Adapun kegiatan pembinaan karakter yang hanya spontanitas tersebut dapat memperlihatkan hasil bahwa terdapat kesadaran siswa dalam hal kejujuran dan dapat dipercaya dalam mempertanggungjawabkan hasil pekerjaannya. Siswa menjadi lebih disiplin dalam menggunakan waktu untuk menyelesaikan tugas sekolah. Siswa bertanggungjawab dan peduli atas kehormatan dirinya sendiri dengan cara berbusana yang menutup aurat dalam kesehariannya. Siswa dapat berdakwah dengan berpenampilan yang menunjukan identitas sebagai seorang muslimah. Siswa menjadi pribadi yang lebih santun dan bertanggungjawab setelah menjalani pembinaan karakter religius di SMK Pelita Buana Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Nur Saidah, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pembinaan Karakter Religius, Hidden Curriculum
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S-2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 28 Sep 2022 14:08
Last Modified: 28 Sep 2022 14:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53586

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum