INOVASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS BELAJAR MENGAJAR DI MASA PANDEMI COVID-19 DI MA AL MA’HAD AN-NUR BANTUL

Ika Nur’aini, NIM.: 19204092001 (2022) INOVASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS BELAJAR MENGAJAR DI MASA PANDEMI COVID-19 DI MA AL MA’HAD AN-NUR BANTUL. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INOVASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS BELAJAR MENGAJAR DI MASA PANDEMI COVID-19 DI MA AL MA’HAD AN-NUR BANTUL)
19204092001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (INOVASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS BELAJAR MENGAJAR DI MASA PANDEMI COVID-19 DI MA AL MA’HAD AN-NUR BANTUL)
19204092001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan penyebaran Covid-19 diseluruh negara termasuk Indonesia menyebabkan banyaknya munculnya aturan baru dalam berbagai hal, termasuk dalam pendidikan. Karena adanya hal tersebut seluruh sekolah atau madrasah harus melakukan inovasi dalam pembelajarannya, termasuk MA Al Ma’had An Nur Bantul yang melakukan inovasi manajemen pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini, sebagai berikut: 1. Untuk mengetahui inovasi manajemen pembelajaran yang dilakukan di MA Al Ma’had An-Nur Bantul di masa pandemi; 2. Untuk mengetahui kendala dan solusi yang dilakukan oleh pihak madrasah dalam menyelesaikan kendala yang ada. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologis. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi (participant observation), wawancara (in depth interview), dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan pada hasil penelitian dengan judul Inovasi Manajemen Pembelajaran Dalam Meningkatkan Efektivitas Belajar Mengajar Di Masa Pandemi Covid-19 Di MA Al Ma’had An Nur Bantul ditemukan bahwa inovasi manajemen pembelajaran dilakukan dengan mengaplikasikan teori fungsi manajemen yang meliputi planning, organizing, actuating, dan controling. Kemudian penyelesaian kendala dilakukan sesuai dengan permasalahan apa yang dihadapi. Dan berkat penanganan yang tepat dan kerja sama yang baik, pembelajaran di madrasah bisa berjalan secara efektiv dan sesuai dengan tujuannya

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Karwadi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran, Belajar Mengajar, Pandemi Covid-19.
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S-2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 28 Sep 2022 14:13
Last Modified: 28 Sep 2022 14:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53587

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum