PENGARUH PENDIDIKAN AKHLAK DI KELUARGA TERHADAP PENGAMALAN NILAI-NILAI AKHLAK PESERTA DIDIK DI SD IT LUKMAN AL HAKIM 2 YOGYAKARTA

M. Zainul Arifin, NIM.: 20204011008 (2022) PENGARUH PENDIDIKAN AKHLAK DI KELUARGA TERHADAP PENGAMALAN NILAI-NILAI AKHLAK PESERTA DIDIK DI SD IT LUKMAN AL HAKIM 2 YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENDIDIKAN AKHLAK DI KELUARGA TERHADAP PENGAMALAN NILAI-NILAI AKHLAK PESERTA DIDIK DI SD IT LUKMAN AL HAKIM 2 YOGYAKARTA)
20204011008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENDIDIKAN AKHLAK DI KELUARGA TERHADAP PENGAMALAN NILAI-NILAI AKHLAK PESERTA DIDIK DI SD IT LUKMAN AL HAKIM 2 YOGYAKARTA)
20204011008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih dijumpai peserta didik yang mengalami masalah dalam pengamalan nilai-nilai akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pendidikan akhlak di keluarga terhadap pengamalan nilai-nilai akhlak peserta didik kelas 3 SD IT Lukman Al Hakim 2 Yogyakarta. Metode penelitian kuantitatif dalam penelitian ini menggunakan penelitian sebab-akibat. Adapun yang menjadi Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD IT Lukman Al Hakim 2 Yogyakarta yang berjumlah 46 siswa. Sedangkan pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel kluster, yakni jumlah populasi 46 kelas 3 Zubair dan Thalhah.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan interview, angket dan dokumentasi. Kemudian data yang di peroleh di uji validitas menggunakan teknik korelasi product moment dengan bantuan program microsoft excel dan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach's Alpha dengan bantuan spss 21.0. Kemudian uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang cukup antara pendidikan akhlak di keluarga terhadap pengamalan nilai-nilai akhlak peserta didik di SD IT Lukman Al Hakim 2. Interpretasi (model summary) variabel X1 terhadap variabel (Y1) sebesar 25.0 % yang berarti sisanya (100 %-25.0 %) pengamalan nilai-nilai akhlak peserta didik dipengaruhi oleh variabel lainya yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini sehingga peneliti dapat menyimpulkan terdapat pengaruh yang cukup antara pendidikan akhlak di keluarga terhadap pengamalan nilai-nilai akhlak peserta didik di SD IT Lukman Al Hakim 2.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Prof. Dr. Sutrisno, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: PENDIDIKAN AKHLAK, KELUARGA, NILAI-NILAI AKHLAK, DI SD IT LUKMAN AL HAKIM 2,
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 28 Sep 2022 14:25
Last Modified: 28 Sep 2022 14:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53588

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum