IMPLEMENTASI SISTEM BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS VIII DI SMPIT RR REJANG LEBONG

Loresa Maya Sari, NIM.: 20204011014 (2022) IMPLEMENTASI SISTEM BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS VIII DI SMPIT RR REJANG LEBONG. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI SISTEM BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS VIII DI SMPIT RR REJANG LEBONG)
20204011014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI SISTEM BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS VIII DI SMPIT RR REJANG LEBONG)
20204011014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Agama Islam kurang efektif sehingga berdampak pada nilai peserta didik di SMPIT RR Rejang Lebong menurun. Untuk itu sekolah menyusun sistem pembelajaran yang berbasis simplication blended learning sebagai sarana untuk mengoptimalkan pembelajaran di masa pandemi. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi blended learning di SMPIT RR Rejang Lebong dan bagaimana tingkat pemahaman siswa setelah dilaksanakan sistem blended learning di SMPIT RR Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, jenis penelitian yang digunakan yakni field research, teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan teknik analisis data yang mengacu pada sistem Miles dan Huberman yaitu: kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sumber data adalah guru Pendidikan Agama Islam SMP IT RR Rejang Lebong dan siswa kelas VIII SMPIT RR Rejang Lebong. Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama, implementasi sistem blended learning di SMPIT RR Rejang Lebong melalui pendekatan kegiatan pembelajaran yang mengacu pada pembelajaran berbasis masalah (problem based learning). Dengan langkah-langkah meliputi: orientasi, organisasi, investigasi, presentasi, serta analisis dan evaluasi. Sedangkan pada pra-implementasi blended learning di SMPIT RR Rejang lebong melalui 2 tahap yaitu persiapan dan penerapan. Tahap persiapan: Pertama, menentukan kesepakatan antara instrumen pendidikan seperti kepala sekolah, guru dan staff agar terjalin kesepahaman dalam pelaksanaannya sehingga memiliki persamaan tujuan yang ingin dicapai. Kedua, membangun infrastruktur yang melibatkan inventarisasi infrastruktur sekolah. Sedangkan pada tahap penerapan, guru menyiapkan materi-materi yang ingin disampaikan atau dibahas dan jenis platform yang akan digunakan. Kedua, Pemahaman siswa dengan menggunakan sistem blended learning di SMPIT RR Rejang Lebong memiliki peningkatan khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menganalisis rekapitulasi data yang didapatkan dari observasi dan wawancara terhadap guru Pendidikan agama islam. Untuk menguji pemahaman siswa tersebut guru mengadakan uji pemahaman melalui tes pemahaman dan hasil praktikum

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Prof. Dr. Tasman Hamami, MA.
Uncontrolled Keywords: Implementasi Pembelajaran, Blended Learning, dan Pemahaman Siswa
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 29 Sep 2022 07:56
Last Modified: 29 Sep 2022 07:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53595

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum