STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PADA SISWA TUNAGRAHITA DI SLB C GANDASARI JATIBARANG INDRAMAYU

Reni Matofiani, NIM.: 20204011023 (2022) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PADA SISWA TUNAGRAHITA DI SLB C GANDASARI JATIBARANG INDRAMAYU. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PADA SISWA TUNAGRAHITA DI SLB C GANDASARI JATIBARANG INDRAMAYU)
20204011023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PADA SISWA TUNAGRAHITA DI SLB C GANDASARI JATIBARANG INDRAMAYU)
20204011023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah berkaitan dengan hak atas pendidikan adalah milik semua orang, dan belajar adalah kewajiban yang harus diperjuangkan setiap orang, baik anak normal maupun anak berkebutuhan khusus. Ranah ilmu agama yang perlu dikuatkan dalam membentuk kepribadian peserta didik salah satunya yaitu dalam pembentukan karakter peserta didik khususnya yaitu anak berkebutuhan khusus tunagrahita. Peran pendidik di sekolah sangat penting setelah orang tua dalam pembentukan karakter melalui strategi pembelajaran yang dilaksanakan di kelas guna mencapai tujuan dari Pendidikan Agama Islam yaitu pembentukan kepribadian atau karakter peserta didik. Jenis penelitian ini deskriptif dengan pendekatan psikologi pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Sedangkan data penelitian dianalisis menggunakan analisis kualitatif, yakni reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan kesimpulan. Adapun dalam uji keabsahan data dalam penelitian ini adalah triangulasi data, yakni triangulasi teknik, triangulasi sumber, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama, Proses penerapan strategi Pendidikan Agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus tunagrahita di SLB C Gandasari Jatibarang yaitu melalui tahapan asesmen pada anak berkebutuhan khusus dan guru membuat rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP). Guru menggunakan strategi ekspositori dan kontekstual. Kedua, Hasil dari strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter siswa meliputi tiga dimensi yaitu dimensi keyakinan meliputi keyakinan terhadap keberadaan Allah Swt, malaikat, Nabi, dan Rasul. Dimensi praktis agama (ritualistik) diantaranya mengerjakan salat lima waktu, membayar zakat, berpuasa di bulan Ramadhan. Selanjutnya dimensi pengamalan (konsekuensi) saling menyayangi dan saling membantu sesama, tidak malu saat bertemu guru, saling bekerjasama sesama teman, serta menerapkan budaya senyum, sapa, sopan, dan santun dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Usman, SS, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita, Karakter
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 29 Sep 2022 08:09
Last Modified: 29 Sep 2022 08:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53597

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum