BUDAYA LITERASI AL-QUR’AN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SD NEGERI TAMANSARI 1 YOGYAKARTA

Riris Amelia, S.Pd, NIM.: 20204011037 (2022) BUDAYA LITERASI AL-QUR’AN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SD NEGERI TAMANSARI 1 YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BUDAYA LITERASI AL-QUR’AN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SD NEGERI TAMANSARI 1 YOGYAKARTA)
20204011037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BUDAYA LITERASI AL-QUR’AN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SD NEGERI TAMANSARI 1 YOGYAKARTA)
20204011037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah masih rendahnya budaya literasi Al-Qur`an. Literasi yang dimaksud tidak sebatas membaca dan menulis saja, tapi juga memahami isi kandungan Al-Qur`an. Terdapat beberapa siswa di SD Negeri Tamansari 1 masih kesusahan dalam membaca Al-Qur’an, bahkan masih susah dalam mengenali huruf hijaiyah. Rendahnya literasi Al-Qur`an juga berpengaruh terhadap tingkat karakter religius peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam Budaya Literasi Al-Qur’an peserta didik di SD Negeri Tamansari 1 dan Implikasinya terhadap pembentukan karakter religius di SD Negeri Tamansari 1. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Adapun pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan data penelitian dianalisis menggunakan analisis kualitatif, yaitu reduksi data, penyajian data, verivikasi, dan kesimpulan. Adapun uji keabsahan data dalam penelitian ini adalah triangulasi data, yaitu triangulasi teknik, triangulasi sumber, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Pertama, Budaya Literasi Al-Qur’an di SD Negeri Tamansari dibagi menjadi tiga kompone. yaitu Budaya literasi Al-Qur’an di dalam kelas, Budaya literasi Al-Qur’an di luar kelas, dan juga kondisi peserta didik setelah mengikuti Budaya Literasi Al-Qur’an di SD Negeri Tamansari 1. Budaya literasi Al-Qur’an di dalam kelas dilaksanakan setiap pagi hari selama 10 menit sebelum dimulainya proses kegiatan belajar mengajar berlangsung. Budaya Literasi Al-Qur’an di luar kelas terdiri dari kegiatan ekstrakurikuler, Rutinan mendengarkan asmaul husna sebelum jam pertama dimulai, Sholat dzuhur berjamaah dan kegiatan pesantren kilat Ramadhan. Adapun terkait kondisi peserta didik setelah mengikuti Budaya Literasi Al-Qur’an di SD Negeri Tamansari 1, diklasifikasikan kedalam tiga kemampuan yaitu : kemampuan membaca Al-Qur’an, kemampuan menulis Al-Qur’an dan Kemampuan memahami isi kandungan Al-Qur`an. Kedua, Implikasi Budaya Literasi Al-Qur’an dalam membentuk karakter religius peserta didik di SD Negeri Tamansari 1 diklasifikasikan kedalam lima dimensi yaitu : (a) Dimensi keyakinan; (b) Dimensi praktik agama; (c) Dimensi Pengalaman; (d) Dimensi pengetahuan agama, dan; (e) Dimensi pengalaman atau konsekuensi. Ketiga, Faktor pendukung Budaya Literasi Al-Qur’an diantaranya terdiri dari faktor internal dan juga faktor eksternal. Faktor internal antara lain: adanya motivasi yang tinggi dari peserta didik, adanya kesadaran tentang urgensi membaca dan mempelajari Al-Qur’an. Dan Adanya adanya kebijakan dari Kepala sekolah dan dewan komite terkait budaya literasi Al-Qur’an. Faktor eksternal terdiri dari : kerjasama yang baik antara guru PAI dan seluruh warga sekolah, Tersedianya sarana dan prasarana yang memadai dan adanya kebijakan sekolah terkait budaya x literasi Al-Qur’an. Sedangkan faktor penghambat terdiri dari dua faktor. Faktor internal yakni kemampuan berfikir anak yang berbeda-beda, dan kuranfnya minat baca. Adapun faktor eksternalnya kurangnya dukungan orang tua, dan juga keterbatasan waktu dalam budaya Literasi Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Hj Maemonah, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Literasi, Al-Qur`an, Karakter Religius
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 29 Sep 2022 09:19
Last Modified: 29 Sep 2022 09:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53602

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum