STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DI SMA ISLAM AL AZHAR 9 YOGYAKARTA

M. Amirul Ramli, NIM.: 20204011033 (2022) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DI SMA ISLAM AL AZHAR 9 YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DI SMA ISLAM AL AZHAR 9 YOGYAKARTA)
20204011033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DI SMA ISLAM AL AZHAR 9 YOGYAKARTA)
20204011033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMA Islam Al Azhar 9 Yogyakarta dengan subjek penelitian guru PAI dan siswa SMA Islam Al Azhar 9 Yogyakarta. Sedangkan objek penelitian ini adalah strategi guru PAI dalam menanamkan nilai multikultural pada siswa. Penelitian ini dilakukan atas landasan masalah pada nilai multikultural, yaitu, latarbelakang siswa yang berbeda yang pada dasarnya memiliki rasa canggung dalam menjalin interaksi dengan temannya yang mana mereka berasal dari berbagai provinsi dan strata sosila yang berbeda. Akan tetapi kecanggungan tersebut berubah menjadi sesuatu yang unik dan dijadikan sebagai penambahan ilmu pengatahuan dari adanya perbedaan. Oleh karena itu, peniliti bertujuan untuk mengetahui startegi apa yang digunakan terkhususnya guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai multikultural. Jenis penelitian ini adalah field research yang bersifat penelitian kualitatif. Tekni pengambilan data yang digunakan adalah dengan melakukan observasi, wawancara dan studi dokumen. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan yaitu teori Milles dan Hubberman yaitu dengan melakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan Teknik keabshan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama, guru PAI di SMA Islam Al Azhar 9 Yogyakarta dalam proses pembelajaran menggunakan bebeberapa starategi dalam menanamkan nilai-nilai multikultural. Penggunaan strategi dalam proses pembelajaran menyesuaikan situasi dan kondisi siswa. Beberapa startegi yang digunakan yaitu, strategi intraktif instruction, strategi market place, dan menggunakan strategi keteladanan. Penggunaan tiga strategi ini menyesuaikan dengan keaadan siswa yang diajarkan. Kedua, setelah dilakukan penelitian di SMA Islam Al Azhar 9 Yogyakarta penulis menemukan bahwa terdapat nilai-nilai multikultural yang telah di ajarkan oleh guru dan diterapkan disekolah ini. Beberapa nilai multikultural yang ditemukan seperti penanaman nilai toleransi, demokrasi, nilai kebersamaan, nilai keadilan sosial, nilai hak asasi manusia dan nilai perdamain di sekolah

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Khamim Zarkasih Putro, M.Si,
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai multikultural, Strategi Guru PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 29 Sep 2022 09:14
Last Modified: 29 Sep 2022 09:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53603

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum