MANUSCRIPT CULTURE KITAB AS-SAMARQANDĪ ABŪ LAIṠ: SIGNIFIKANSI FUNGSI DIDAKTIS MANUSKRIP DALAM SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM DI NUSANTARA PADA ABAD 16-19 M

Muhammad Nabil Fahmi, NIM.: 20204011038 (2022) MANUSCRIPT CULTURE KITAB AS-SAMARQANDĪ ABŪ LAIṠ: SIGNIFIKANSI FUNGSI DIDAKTIS MANUSKRIP DALAM SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM DI NUSANTARA PADA ABAD 16-19 M. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANUSCRIPT CULTURE KITAB AS-SAMARQANDĪ ABŪ LAIṠ: SIGNIFIKANSI FUNGSI DIDAKTIS MANUSKRIP DALAM SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM DI NUSANTARA PADA ABAD 16-19 M)
20204011038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (MANUSCRIPT CULTURE KITAB AS-SAMARQANDĪ ABŪ LAIṠ: SIGNIFIKANSI FUNGSI DIDAKTIS MANUSKRIP DALAM SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM DI NUSANTARA PADA ABAD 16-19 M)
20204011038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Khazanah manuskrip keislaman Nusantara yang kaya secara kuantitatif dan genre merupakan sumber sejarah yang penting karena dapat memberikan gambaran historis mengenai dinamika keberagamaan masyarakat muslim di Nusantara pada periode waktu tertentu, termasuk sejarah pendidikan Islam yang dilangsungkan. Salah satu manuskrip keislaman awal yang ditemukan di Nusantara adalah manuskrip Kitab as-Samarqandī. Sayangnya, sebagai sebuah lektur yang dekat dengan bidang pendidikan Islam, belum ada penelitian yang secara khusus meneliti konteks historis budaya penggunaan manuskrip Kitab as-Samarqandī di Nusantara. Penelitian tesis ini bertujuan untuk menganalisis manuscript culture Kitab as-Samarqandī, khususnya terkait gambaran signifikansi fungsi didaktisnya di Nusantara pada abad 16-19 M. Penelitian tesis ini penting guna mengungkap bagaimana manuskrip Kitab as-Samarqandī diproduksi, disebarkan, dan digunakan dalam konteks penyelenggaraan pendidikan Islam di Nusantara pada abad 16-19 M. Metode penelitian tesis ini adalah penelitian sejarah dengan pendekatan interdisipliner, yakni dengan mengintegrasikan-menginterkoneksikan pendekatan filologi cum kodikologi – sebagai ilmu bantu – dengan pendekatan Islamic Studies, mengingat obyek dan sumber primer penelitian ini adalah manuskrip keislaman. Sebagai perspektif, data sejarah yang telah dikumpulkan diinterpretasi lebih lanjut menggunakan teori didaktik dan teori sejarah pendidikan Islam di Nusantara. Berdasarkan hasil interpretasi, penelitian tesis ini menyimpulkan: 1) secara genealogis kehadiran dan eksistensi manuskrip kitab as-Samarqandī di Nusantara diperkirakan telah ada sejak abad 16 M dan bertahan selama ratusan tahun hingga setidaknya akhir abad 19 M. Keberadaan manuskrip-manuskrip lokal Kitab as-Samarqandī, dengan kekhasannya masing-masing, tidak dapat dilepaskan dari peran para penyebar agama Islam yang mengenalkan lektur ini melalui jalur perdagangan rempah dunia hingga menjadi karya keislaman yang kosmopolit di Nusantara; 2) analisis unsur tekstologis dan aspek paratext menunjukkan bahwa manuskrip kitab as-Samarqandī asal Nusantara memiliki karakteristik yang khas sebagai sebuah lektur keislaman yang populer dan diterima secara luas oleh masyarakat muslim Nusantara; 3) Sebagai bahan-sumber belajar pendidikan aqidah Islam, manuskrip Kitab as-Samarqandī memiliki fungsi didaktis yang signifikan bagi masyarakat muslim Nusantara karena pembahasannya yang sistematis, ringkas, mudah untuk dipelajari dan relevan dengan kebutuhan pendidikan masyarakat muslim Nusantara. Sebagai lektur bidang aqidah, penggunaan manuskrip Kitab as-Samarqandī memiliki arti penting guna memantapkan, menguatkan pondasi aqidah, pemahaman (konseptual), dan penghayatan teologis masyarakat Nusantara yang baru memeluk agama Islam, serta materi pengantar-elementer yang bermanfaat bagi masyarakat yang mulai mendalami ilmu agama. Hasil penelitian tesis ini diharapkan dapat berguna secara teoritis dan praktis bagi penyusunan dan pengembangan historiografi dan riset lanjutan terkait sejarah pendidikan Islam Nusantara dan lektur-lektur yang digunakan, serta inspirasi bagi penyusunan lektur keagamaan kontemporer.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Nur Saidah, S.Ag.,M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Manuscript Culture, Kitab as-Samarqandī, Fungsi Didaktis, Sejarah Pendidikan Islam, Nusantara
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 29 Sep 2022 09:24
Last Modified: 29 Sep 2022 09:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53607

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum