PERAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANAK DI ERA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI DESA PAJANGAN KECAMATAN BERBAH KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)

Ahmad Zakian Nurfauzan, NIM.: 20204011047 (2022) PERAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANAK DI ERA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI DESA PAJANGAN KECAMATAN BERBAH KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANAK DI ERA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI DESA PAJANGAN KECAMATAN BERBAH KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA))
20204011047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANAK DI ERA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI DESA PAJANGAN KECAMATAN BERBAH KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA))
20204011047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran orang tua dalam pendidikan agama Islam anak pada masa pandemi covid-19 yang dilaksanakan dari rumah. Dalam hal ini, orang tua berperan sebagai garda terdepan dalam mengawal anakanaknya agar belajar dirumah masing-masing. Keadaan ini memberikan dampak pembelajaran dari sekolah yang dilakukan secara daring menjadi kurang efektif. Kebanyakan anak kurang memahami materi yang diberikan oleh guru. Hal ini disebabkan kurangnya pengawasan selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran orang tua dalam meningkatkan pendidikan agama Islam Anak di masa pandemi, bentuk peran orang tua dalam mendampingi proses pembelajaran, serta faktor yang menghambat dan mendukung orang tua dalam meningkatkan pendidikan agama Islam anak pada masa pandemi Covid-19 di Desa Pajangan Kecamatan Berbah Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode field research yang bersifat kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan analisis model Miles dan Huberman, yaitu kondensasi data, display data, verifikasi data dan kesimpulan. Pada tahap validitas data, peniliti menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan peran orang tua dalam meningkatkan pendidikan agama Islam anak pada masa pandemi Covid-19 di desa Pajangan telah terlaksana dengan baik, para orang tua berusaha selalu meningkatkan pendidikan agama Islam pada masa pandemi anak yaitu dengan cara menyediakan fasilitas belajar anak, mengawasi kegiatan belajar anak di rumah, mengawasi kesulitan belajar anak, serta membantu kesulitan belajar anak dan pembinaan orang tua terhadap etika pergaulan sehari hari.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Prof. Dr. H. Tasman, M.A,
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua, Pendidikan Agama Islam, Pandemi Covid-19
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 29 Sep 2022 09:51
Last Modified: 29 Sep 2022 09:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53614

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum