KONSTRUKSI NILAI-NILAI ISLAM WASATHIYAH DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK BERBASIS KURIKULUM 2013 YANG TERINTEGRASI DENGAN KURIKULUM PESANTREN DI MADRASAH ALIYAH AL-MAWADDAH PONOROGO

Riska Wahyu Nurcendani, NIM.: 20204011056 (2022) KONSTRUKSI NILAI-NILAI ISLAM WASATHIYAH DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK BERBASIS KURIKULUM 2013 YANG TERINTEGRASI DENGAN KURIKULUM PESANTREN DI MADRASAH ALIYAH AL-MAWADDAH PONOROGO. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSTRUKSI NILAI-NILAI ISLAM WASATHIYAH DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK BERBASIS KURIKULUM 2013 YANG TERINTEGRASI DENGAN KURIKULUM PESANTREN DI MADRASAH ALIYAH AL-MAWADDAH PONOROGO)
20204011056_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KONSTRUKSI NILAI-NILAI ISLAM WASATHIYAH DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK BERBASIS KURIKULUM 2013 YANG TERINTEGRASI DENGAN KURIKULUM PESANTREN DI MADRASAH ALIYAH AL-MAWADDAH PONOROGO)
20204011056_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bermula pada madrasah Aliyah Al-Mawaddah yang tidak mengikrarkan berafiliasi pada satu golongan atau afiliasi dinilai mempunyai peluang besar dalam menerapkan nilai Islam wasathiyah. Terlebih madrasah ini telah menerapkan kurikulum pesantren yang terintegrasi dengan kurikulum 2013. Maka muatan pelajaran yang terkandung sudah saling mendukung antara pemahaman teori dan aplikasi. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran akidah akhlak berbasis kurikulum 2013 yang terintegrasi dengan kurikulum pesantren dan menganalisis konstruksi nilai Islam wasathiyah dalam pembelajaran akidah akhlak. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Al-Mawaddah Ponorogo dengan metode penelitian lapangan atau field research. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan telaah dokumentasi. Setelah data terkumpul, data dianalisis menggunakan analisis data kualitatif. Kemudian keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, pembelajaraan akidah akhlak berbasis dua kurikulum dilaksanakan dengan pembagian 12 pekan pembelajaran materi KMI dengan menggunakan model pembelajaran teacher centered. Adapun 6 pekan lainnya digunakan untuk pembelajaran materi kurikulum 2013 dengan model pembelajaran student centered. Penilaian pembelajaran dilakukan guru dengan mengamati pembelajaran di kelas, hasil belajar, dan kerjasama dengan musyrifah untuk mengamati siswa di luar kelas. Kedua, konstruksi nilai Islam wasathiyah dalam pembelajaran akidah akhlak dapat melalui tiga tahap. Pada tahap identifikasi nilai ditemukan nilai tawazun, tanggung jawab, I’tidal, syuro, multikultural, tasamuh, awlawiyah, islah, tathawur wal ibkar, dan tahaddur. Pada tahap pembelajaran nilai guru membentuk lingkungan yang mendukung, menetapkan role model, mendiskusikan bersama nilai wasathiyah, membuat aturan berperilaku baik sesuai nilai, dan mendukung siswa mengembangkan nilai dengan melibatkan siswa di berbagai kegiatan. Pada tahap penerapan nilai guru menyusun jadwal kegiatan rutin serta memberikan reward kepada siswa yang telah rutin menerapkan nilai.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sabarudin, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Konstruksi Nilai, Islam Wasathiyah, Akidah Akhlak
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 29 Sep 2022 10:02
Last Modified: 29 Sep 2022 10:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53616

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum