PENGARUH PENGGUNAAN METODE TAHSIN TILAWATI DAN MINAT MEMBACA AL-QURAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MURID SD ISLAM AL AZHAR 38 BANTUL

Fitriana, NIM.: 20204011062 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN METODE TAHSIN TILAWATI DAN MINAT MEMBACA AL-QURAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MURID SD ISLAM AL AZHAR 38 BANTUL. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGGUNAAN METODE TAHSIN TILAWATI DAN MINAT MEMBACA AL-QURAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MURID SD ISLAM AL AZHAR 38 BANTUL)
20204011062_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGGUNAAN METODE TAHSIN TILAWATI DAN MINAT MEMBACA AL-QURAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MURID SD ISLAM AL AZHAR 38 BANTUL)
20204011062_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Suatu hal yang paling mendasar yang perlu dipahami yaitu bagaimana cara membaca Al-Qur’an sesuai dengan kaidah yang baik dan benar. Metode tilawati merupakan sebuah metode pembelajaran tahsin Al-Qur’an yang mengaplikasikan nada tilawah irama Rost melalui pembelajaran yang dilaksanakan. Selain penggunaan metode pembelajaran Al-Qur’an yang tepat, minat membaca Al-Qur’an juga menjadi faktor penting guna menunjang keberhasilan dalam membaca Al-Qur’an. Seseorang dikatakan mampu membaca Al-Qur’an apabila orang tersebut mampu melafalkan ayat-ayat Al-Qur’an dengan tartil sesuai dengan kaidah tajwid dan makhraj. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris tingkat keberhasilan dari metode tilawati, minat membaca Al-Qur’an, dan kemampuan membaca Al-Qur’an; pengaruh penggunaan metode tilawati dan minat membaca Al-Qur’an terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an murid Sekolah Dasar Islam Al Azhar 38 Bantul; serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang diberikan dari masing-masing variabel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah murid kelas IV SD Islam Al Azhar 38 Bantul dengan total murid sejumlah 50 orang yang kemudian seluruh dari total murid tersebut akan dijadikan sebagai sampel penelitian. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, dokumentasi, dan wawancara sebagai data pendukung. Hasil dari pengumpulan data tersebut kemudian dianalisis secara deskriptif dan uji hipotesis dengan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif antara penggunaan metode tahsin tilawati terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an murid SD Islam Al Azhar 38 Bantul yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi product moment pearson rxy 0,240 dan nilai signifikansi 0,000. (2) terdapat pengaruh positif antara minat membaca Al-Qur’an terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an murid SD Islam Al Azhar 38 Bantul yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi product moment pearson rxy 0,209 dan nilai signifikansi 0,000. (3) Hasil uji F/Anova dan uji determinasi menunjukkan bahwa penggunaan tahsin tilawati dan minat membaca Al-Qur’an secara simultan berpengaruh positif yang signifikan terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an murid SD Islam Al Azhar 38 Bantul dengan nilai pengaruh yang diberikan sebesar 35,7%, sedangkan sisanya 64%.(4) Sumbangan efektif yang diberikan dari masing-masing variabel prediktor (bebas) sebesar 32,8% untuk X1 (metode tilawati) dan 2,9% untuk variabel X2 (minat membaca Al-Qur’an).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Sembodo Ardi Widodo, M.Ag
Uncontrolled Keywords: metode tilawati, minat membaca Al-Qur’an, kemampuan membaca Al-Qur’an
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 29 Sep 2022 10:21
Last Modified: 29 Sep 2022 10:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53620

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum