PENGUATAN PENDIDIKAN AGAMA BAGI KOMUNITAS MUSLIM TRANSGENDER DALAM MEWUJUDKAN KESADARAN BERAGAMA (Studi Kasus di Pondok Pesantren Waria Al Fatah Yogyakarta)

Astri Khoirunnisa, NIM.: 20204011064 (2022) PENGUATAN PENDIDIKAN AGAMA BAGI KOMUNITAS MUSLIM TRANSGENDER DALAM MEWUJUDKAN KESADARAN BERAGAMA (Studi Kasus di Pondok Pesantren Waria Al Fatah Yogyakarta). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGUATAN PENDIDIKAN AGAMA BAGI KOMUNITAS MUSLIM TRANSGENDER DALAM MEWUJUDKAN KESADARAN BERAGAMA (Studi Kasus di Pondok Pesantren Waria Al Fatah Yogyakarta))
20204011064_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGUATAN PENDIDIKAN AGAMA BAGI KOMUNITAS MUSLIM TRANSGENDER DALAM MEWUJUDKAN KESADARAN BERAGAMA (Studi Kasus di Pondok Pesantren Waria Al Fatah Yogyakarta))
20204011064_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berangkat dari permasalahan yang kelompok Muslim transgender yang tidak memiliki ruang untuk mengekspresikan spiritualitas dan tidak memiliki kemudahan dalam memperoleh pemahaman agama. Kurangnya pemahaman agama secara tidak langsung berpengaruh terhadap tumbuh kembang kesadaran beragama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui program penguatan pendidikan agama sebagai upaya untuk membantu mewujudkan kesadaran beragama Muslim transgender di Pondok Pesantren Waria Al Fatah Yogyakarta, bentuk implementasinya, implikasinya, serta faktor-faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini merupakan penelitian field research dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan cara turun ke lapangan untuk mengetahui secara langsung dan untuk mengetahui bagaimana implementasi program penguatan pendidikan agama, implikasinya terhadap tumbuh kembang kesadaran beragama, serta faktor pendukung dan penghambat peningkatan kesadaran beragama muslim transgender. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi serta keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan: Pertama, konsep program penguatan pendidikan agama di Pondok Pesantren Waria Al Fatah Yogyakarta meliputi: (a) penguatan pendidikan agama yang dilaksanakan di dalam kelas (b) penguatan pendidikan agama yang dilaksanakan di luar kelas; Kedua, pelaksanaan penguatan pendidikan agama memiliki dua implikasi dalam mewujudkan kesadaran beragama santri di Pondok Pesantren Waria Al Fatah Yogyakarta (a) berimplikasi, jika santri konsisten dan bersungguh-sungguh dalam mengikutiprogram penguatan pendidikan agama (b) kurang berimplikasi, jika santri tidak konsisten dan hanya mengikuti program dalam jangka waktu yang sebentar; Ketiga, penguatan pendidikan agama di Pondok Pesantren Waria Al Fatah Yogyakarta dipengaruhi oleh beberapa faktor pendukung (a) pengadaan kegiatan keagamaan (b) sarana dan prasarana yang baik (c) lingkungan yang saling mendukung sementara faktor penghambatnya yaitu (a) intensitas waktu pelaksanaan program (b) perbedaan latar belakang santri.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Porf. Dr. Mahmud Arif, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama, Transgender, Kesadaran Beragama
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 29 Sep 2022 10:26
Last Modified: 29 Sep 2022 10:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53621

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum