KOMUNIKASI DAKWAH BADAN KOORDINASI TPA-TQA TERHADAP USTADZ/USTADZAH TPA-TQA DI KECAMATAN JUWIRING KABUPATEN KLATEN

Muh Sholih Hamdani, NIM.01210563 (2005) KOMUNIKASI DAKWAH BADAN KOORDINASI TPA-TQA TERHADAP USTADZ/USTADZAH TPA-TQA DI KECAMATAN JUWIRING KABUPATEN KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOMUNIKASI DAKWAH BADAN KOORDINASI TPA-TQA TERHADAP USTADZ/USTADZAH TPA-TQA DI KECAMATAN JUWIRING KABUPATEN KLATEN)
01210563_Bab I_Bab IV_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KOMUNIKASI DAKWAH BADAN KOORDINASI TPA-TQA TERHADAP USTADZ/USTADZAH TPA-TQA DI KECAMATAN JUWIRING KABUPATEN KLATEN)
01210563_Bab II_Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Materi komunikasi dakwah dalam aktivitas BADKO TPA-TQA memfokuskan pada peningkatan kemampuan dan penguasaan materi-materi dalam dunia TPA-TQA. Dalam setiap penyelenggaraan kegiatan pembekalan maka diberikan materi metodologi pengajaran IQRA' serta materi Bermain Cerita dan Menyanyi (BCM). Materi-materi ini diberikan mengingat bahwa dunia anak-anak adalah dunia bermain. Oleh karena itu sebagai Ustadz/ustadzah TPA-TQA hams menguasai teknik-teknik mengajar dengan metode-metode yang membuat anak-anak (santri) tertarik. Pemberian materi-materi komunikasi dakwah dari BADKO TPA-TQA bertujuan juga untuk memotivasi para Ustadz/ustadzah TPA-TQA, dengan melihat usia mereka yang rata­rata masih muda (usia SMA-Mahasiswa) sangat tertarik dengan hal-hal yang unik dan belum pemah dijumpainya. Peningkatan kemampuan Ustadz/ustadzah TPA-TQA dengan memberikan materi metodologi pengajaran IQRA' serta metode Bermain Cerita dan Menyanyi adalah sebuah upaya memotivasi para Ustadz/ustadzah TPA-TQA agar mampu menanamkan nilai aqidah dan akhlak kepada santri-santri dengan cara yang digemari anak-anak. Nilai aqidah yang dimaksud adalah keyakinan dengan apa yang tidak tertangkap oleh panca indera ( eksistensi Tuhan, makhluk ghaib, hari akhir, balasan baik buruk, termasuk keberadaan para Nabi/rasul dan semacamnya), namun punya pengaruh yang sangat menentukan bagi sikap hidup anak. Sementara akhlak berkaitan dengan tingkah laku yang baik. Penanaman nilai-nilai aqidah dan akhlak di TPA-TQA ini tidak berpretensi untuk menuntaskan penanaman aqidah dan akhlak pada anak tanpa bantuan orang tua dirumah. Bagaimanapun orang tua tetap menjadi faktor penentu bagi anak-anak mereka. Tujuan akhir dari penanaman nilai akhlak adalah memungkinkan anak mengetahui akan adanya perilaku-perilaku yang baik, pantas dan ada pula perilaku-perilaku yang tidak pantas dilakukan oleh manusia sebagai makhluk yang bermartabat. Selanjutnya, diharapkan agar mereka bisa menerapkan dalam kehidupan sehari­hari mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Musthofa,S.Ag.,M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Badan Koordinasi TPA-TQA, Juwiring Kabupaten Klaten
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 29 Sep 2022 10:53
Last Modified: 29 Sep 2022 10:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53623

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum