PENGEMBANGAN KURIKULUM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PONDOK PESANTREN KHAIRATUL HASANAH MUHAMMADIYAH LAKITAN PESISIR SELATAN SUMATRA BARAT

Afdhal Fikri Mirma, NIM.: 20204021012 (2022) PENGEMBANGAN KURIKULUM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PONDOK PESANTREN KHAIRATUL HASANAH MUHAMMADIYAH LAKITAN PESISIR SELATAN SUMATRA BARAT. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN KURIKULUM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PONDOK PESANTREN KHAIRATUL HASANAH MUHAMMADIYAH LAKITAN PESISIR SELATAN SUMATRA BARAT)
20204021012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN KURIKULUM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PONDOK PESANTREN KHAIRATUL HASANAH MUHAMMADIYAH LAKITAN PESISIR SELATAN SUMATRA BARAT)
20204021012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui kurikulum yang berlaku dan implementasinya. 2) Mengetahui landasan dan prinsip pengembangan kurikulum pembelajaran bahasa Arab. 3) Merumuskan desain kurikulum pembelajaran bahasa Arab. 4) Mengetahui uji kelayakan desain kurikulum pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Khairatul Hasanah Muhammadiyah Lakitan Pesisir Selatan Sumatra Barat. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) level 1 yang terdiri atas tiga tahap. Pertama, potensi dan masalah. Pada tahap ini, sumber data dipilih secara purposive sampling. Kemudian, data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi yang dianalisis menggunakan analisis kualitatif. Kedua, studi literatur dan pengumpulan informasi. Pada tahap ini, data yang diperoleh adalah informasi tambahan dari potensi dan masalah yang menggunakan teknik yang sama dan pengumpulan data dilakukan dengan triangulasi dan menggunakan analisis kualitatif. Ketiga, uji kelayakan desain kurikulum. Pada tahap ini, data diperoleh dari validator ahli dan praktisi yang dikumpulkan menggunakan angket. Instrumen yang peneliti gunakan adalah kuesioner yang diukur dan diamati setelah diisi oleh validator. Kemudian, data dianalisis secara deskriptif kualitatif maupun kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kurikulum yang digunakan di PP Khairatul Hasanah Muhammadiyah Lakitan adalah petunjuk teknis dari DITJENPENDIS No. 6987 tahun 2019. Implementasi kurikulum tidak terlaksana dengan baik, penyebabnya adalah program dan materi kurikulum belum sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan peserta didik serta masyarakat sekitar. 2) Landasan pengembangan kurikulum bahasa Arab antara lain; landasan religius, filosofis, yuridis, linguistik, psikololinguistik, sosiolinguitik, dan landasan ilmu pengetahuan dan teknologi. Prinsip perkembangan kurikulum mencakup prinsip relevansi, efektivitas, efisiensi, kontinuitas, dan fleksibilitas. 3) Desain kurikulum pembelajaran di PP Khairatul Hasanah terdiri atas pendahuluan, kerangka dasar kurikulum, prinsip dasar pembelajaran, materi pembelajaran, proses pembelajaran bahasa Arab, evaluasi pembelajaran, dan penutup. 4) Uji kelayakan desain kurikulum oleh validator ahli memiliki persentase kelayakan 85 %, dan kelayakan dari praktisi sebesar 96 %. Lebih lanjut, ahli menyarankan untuk menambahkan bab pemetaan pemikiran, program pembelajaran di luar kelas dan mengganti bab penilaian pembelajaran menjadi evaluasi pembelajaran. Praktisi memberi masukan agar menambahkan bab standar program khusus dan menyempurnakan bab evaluasi pembelajaran. Kemudian, saran dan masukan dari validator menyempurnakan desain kurikulum yang peneliti rancang sebelumnya

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Muhajir, S.Pd.I., M.SI.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab, Pengembangan Kurikulum, Pesantren
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 29 Sep 2022 12:57
Last Modified: 29 Sep 2022 12:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53626

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum