ANALISIS VEGETASI GULMA PADA TANAMAN KOPI ARABIKA (Coffea arabica L.) DI DESA BONJOR, KECAMATAN TRETEP, TEMANGGUNG

Nur Aeni, NIM.: 18106040040 (2022) ANALISIS VEGETASI GULMA PADA TANAMAN KOPI ARABIKA (Coffea arabica L.) DI DESA BONJOR, KECAMATAN TRETEP, TEMANGGUNG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS VEGETASI GULMA PADA TANAMAN KOPI ARABIKA (Coffea arabica L.) DI DESA BONJOR, KECAMATAN TRETEP, TEMANGGUNG)
18106040040_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS VEGETASI GULMA PADA TANAMAN KOPI ARABIKA (Coffea arabica L.) DI DESA BONJOR, KECAMATAN TRETEP, TEMANGGUNG)
18106040040_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Gulma merupakan tumbuhan yang kehadirannya tidak diinginkan karena mengganggu dan menurunkan hasil tanamaan budidaya. Tanaman kopi (Coffea sp.) adalah salah satu tanaman yang tidak luput dari serangan gulma. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis gulma, jenis gulma yang paling dominan pada ketinggian yang berbeda dan hubungan komposisi gulma yang ditemukan dengan morfologi tanaman Kopi (Coffea) di Desa Bonjor, Tretep, Temanggung. Pengambilan data penelitian ini menggunakan metode kuadran dengan plot berukuran 1x1 meter sebanyak 72 plot yang dibagi pada 3 lokasi pada kisaran ketinggian yang berbeda. Hasil penelitian menunjukan gulma yang ditemukan terdiri dari 9 famili yang terdiri dari 20 spesies dengan jumlah individu total yaitu 5.218. Gulma yang memiliki nilai kerapatan tertinggi adalah Cyperus rotundus. Spesies yang memiliki nilai frekuensi tertinggi pada ketiga lokasi adalah Ageratum conyzoides. Indeks nilai penting tertinggi pada lokasi 1, lokasi 2, dan lokasi 3 yaitu Ageratum conyzoides 37,481 %, Ageratum conyzoides 45,486 %, dan Cyperus rotundus 36,025 %. Pertumbuhan tanaman kopi arabika (Coffea arabika L.) tidak hanya ditentukan oleh faktor gulma, namun ada faktor abiotik seperti suhu, pH, kelembapan udara, dan intensitas cahaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Siti Aisah, S.Si, M.Si
Uncontrolled Keywords: perkebunan kopi; gulma; habitat; plot; vegetasi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 29 Sep 2022 15:02
Last Modified: 29 Sep 2022 15:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53632

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum