PENGGUNAAN MEDIA KARTUN BERBAHASA ARAB DALAM PEMBELAJARAN INSYA’ DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN THAHA SAIFUDIN JAMBI

M.Nur Pahlevi, NIM.: 20204021029 (2022) PENGGUNAAN MEDIA KARTUN BERBAHASA ARAB DALAM PEMBELAJARAN INSYA’ DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN THAHA SAIFUDIN JAMBI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN MEDIA KARTUN BERBAHASA ARAB DALAM PEMBELAJARAN INSYA’ DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN THAHA SAIFUDIN JAMBI)
20204021029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN MEDIA KARTUN BERBAHASA ARAB DALAM PEMBELAJARAN INSYA’ DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN THAHA SAIFUDIN JAMBI)
20204021029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa asing yang belakangan ini telah berkembang secara internasional, sehingga ditekuni, dipelajari, dan di telaah oleh banyak masyarakat dengan meyakini bahwa bahasa Arab merupakan bahasa ahli surga terutama bagi yang beragama Islam. Selain itu Al-Qur‟an menggunakan bahasa Arab dengan melalui pendekatan edukatif dan komunikatif, yang beranggapan bahwa bahasa Arab merupakan suatu bahasa yang pantas dipelajari dengan mendetail untuk mengetahui kajian historis dan estetika nya. Jenis penelitian ini adalah metodologi kuantitatif dengan teknik penelitian uji, khususnya eksperimen (experimental reseach) yang direncanakan untuk menguji kemungkinan sebab dan akibat (cause and effect relationship) hasil logis, dengan mengungkap setidaknya satu kelompok eksperimen dan hasilnya dibandingkan setidaknya satu kelompok kontrol yang tidak dikenai perlakuan. Adapun hasil dari penelitian ini : menunjukkan bahwa penggunaan media film kartu berbahasa arab dapat meningkatkan kemapuan insya’ mahasiswa, karena terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar insya‟ bahasa Arab kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hal ini berdasarkan hasil uji independent t test yang menunjukkan, Berdasarkan hasil perhitungan pada skor post soal insya’ kelas eksperimen, diketahui nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000 > 0,05, berarti Ha diterima. Dengan ini, data dinyatakan signifikan. Sedangkan, hasil perhitungan pada post skor insya’ padan kelas ekperimen dan kelas kontrol, diketahui nilai sebesar bahwa thitung ≥ ttabel, yaitu 4,130≥ 2,021 dan 4,226, 4,226 ≥ 2,001. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, bahwa terdapat perbedaan rata-rata (mean) yang signifikan pada prestasi belajar bahasa Arab mahasiswa antara kelas eksperimen yang menggunakan Media film kartun bahasa Arab dan kelas kontrol yang tidak menggunakan media film kartun bahasa Arab

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Dailatus Syamsiyah, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Metode penelitian kuantitatif, film kartun bahasa Arab, prestasi belajar bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 29 Sep 2022 15:06
Last Modified: 29 Sep 2022 15:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53633

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum