STRATEGI MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN MENCETAK BERBASIS BAHAN ALAM (Studi Kasus di TK Mangku Bandakh Kedondong Lampung)

Aat Mar’atun Sholehah, NIM.: 20204031006 (2022) STRATEGI MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN MENCETAK BERBASIS BAHAN ALAM (Studi Kasus di TK Mangku Bandakh Kedondong Lampung). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN MENCETAK BERBASIS BAHAN ALAM (Studi Kasus di TK Mangku Bandakh Kedondong Lampung))
20204031006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN MENCETAK BERBASIS BAHAN ALAM (Studi Kasus di TK Mangku Bandakh Kedondong Lampung))
20204031006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari belum tercapainya tujuan pembelajaran yang diharapkan secara optimal serta aktivitas di kelas dalam kegiatannya terpaku pada lembar kerja anak (LKA). Sehingga perlu kegiatan maupun media alat dan bahan yang menarik dan menyenangkan selama proses pembelajaran untuk meningkatkan kreativitas anak. Kenyataan di lapangan menunjukkan masih kurangnya aktivitas guru dalam meningkatkan kreativitas anak. Oleh karena itu, perlu adanya strategi meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan mencetak berbabasis bahan alam. Kegiatan mencetak berbasis bahan alam bertujuan untuk: pertama, mengetahui kegiatan meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan mencetak berbasis bahan alam, kedua, menganalisis bahan alam menjadi media penting untuk meningkatan kreativitas anak dalam kegiatan mencetak, ketiga, mengembangkan strategi meningkatan kreativitas anak melalui kegiatan mencetak berbasis bahan alam. Metode kualitatif deskriptif analitik dipilih dalam pengumpulan data yang dilakukan secara mendalam pada lingkup studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan dan dilakukan uji keefektifan triangulasi dalam uji kredibilitas ini diartikan sebagai pemeriksaan data dari sumber yang berbeda pada waktu yang berbeda dengan berbagai cara yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi metode Hasil penelitian menunjukkan meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan mencetak berbasis bahan alam secara umum dilaksanakan secara bertahap dengan prosedur yang telah di rencakan. Bahan alam memiliki potensi untuk menunjang kegiatan yang dapat meningkatkan aspek perkembangan anak yaitu kreativitas. Mengembangkan strategi meningkatan kreativitas anak melalui kegiatan mencetak berbasis bahan alam meliputi: mencetak mengunakan buah belimbing, mencetak mengunakan pelepah pisang, mencetak memanfaatkan sinar matahari, mencetak menggunakan sisir dan sikat, mencetak menggunakan lilin, mencetak menggunakan kuas dan cat air dan mencetak (berkreasi) menggunakan biji-bijian. Hasil meningkatkan kreativitas anak dari strategi melalui kegiatan mencetak berbasis bahan alam di tunjukkan dengan anak menunjukkan minat pada kegiatan-kegiatan kreatif, mengekspresikan diri dengan cara yang kreatif dalam berbagai bidang, berani mengambil resiko dan mencoba hal baru, memiliki rasa ingin tahu yang besar, senang berimajinasi dan menyukai fantasi, senang terlibat dalam kegiatan eksplorasi, menunjukkan minat dan apresiasi terhadap hasil kerjanya sendiri dan hasil kerja anak-anak lain, mengekspresikan imajinasi secara verbal dan menunjukkan imajinasi dan gambaran. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian meningkatkan kreativitas anak dapat dilakukan melalui kegiatan mencetak berbasis bahan alam dengan strategi yang telah di uraikan dan di terapkan kepada peserta didik di TK Mangku Bandakh Lampung

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Hj. Hibana, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Strategi, Meningkatkan Kreativitas Anak, Kegiatan Mencetak Berbasis Bahan Alam
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 29 Sep 2022 15:20
Last Modified: 29 Sep 2022 15:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53636

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum