PENGEMBANGAN MODUL KOGNITIF BERBASIS TEMATIK DALAM MENINGKATKAN LITERASI NUMERASI ANAK USIA DINI DI TK DARUSSALAM PLUS

Umi Hani, NIM.: 20204031011 (2022) PENGEMBANGAN MODUL KOGNITIF BERBASIS TEMATIK DALAM MENINGKATKAN LITERASI NUMERASI ANAK USIA DINI DI TK DARUSSALAM PLUS. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL KOGNITIF BERBASIS TEMATIK DALAM MENINGKATKAN LITERASI NUMERASI ANAK USIA DINI DI TK DARUSSALAM PLUS)
20204031011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL KOGNITIF BERBASIS TEMATIK DALAM MENINGKATKAN LITERASI NUMERASI ANAK USIA DINI DI TK DARUSSALAM PLUS)
20204031011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan kognitif dan literasi numerasi yang diperoleh anak dalam proses pembelajaran tergantung pada kreativitas, kemampuan, dan media stimulasi yang dipersiapkan oleh guru. Observasi awal ditemukan masih terbatasnya kualitas buku kognitif secara tematik, kurang maksimalnya pengetahuan guru dalam meningkatkan ragam kegiatan kognitif dan keterampilan guru dalam kecakapan literasi numerasi anak. Tujuan penelitian ini adalah menggali pentingnya pengembangan buku kognitif berbasis tematik, menunjukkan prosedur pengembangan modul kognitif berbasis tematik dalam meningkatkan literasi numerasi anak usia dini dan mengetahui kelayakan modul kognitif berbasis tematik dalam meningkatkan literasi numerasi anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode research and Development (R&D), dengan melalui 10 tahapan teori Borg and Gall. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket validasi. Analisis data kuantitatif diperoleh dari hasil validasi ahli materi, ahli media, teman sejawat dan respon guru dan analisis data kualitatif diperoleh dari hasil saran dan komentar para validator dan guru. Hasil penelitian modul kognitif berbasis tematik penting dikembangkan dalam rangka untuk menyesuaikan karakter kurikulum lembaga, mengoptimalkan capaian perkembangan kognitif anak, meningkatkan profesionalisme guru, memenuhi kebutuhan anak dan meningkatkan media literasi numerasi. Produk layak digunakan dengan rata-rata penilaian dari validator dan respon guru sebanyak 87,44%. Pengujian akhir membuktikan bahwa modul dinilai layak dengan hasil ujicoba sebelum treatment capaian literasi numerasi anak 58% dan setelah treatment menunjukkan peningkatan menjadi 86,49%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Prof. Dr. Sukiman, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Modul Kognitif Berbasis Tematik, Literasi Numerasi, Anak Usia Dini.
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 29 Sep 2022 15:41
Last Modified: 29 Sep 2022 15:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53637

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum