PERANCANGAN LAYOUT PASAR TRADISIONAL MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA COMPUTERIZED RELATIONSHIP LAYOUT PLANNING (CORELAP) DAN SIMULASI SOFTWARE FLEXSIM (Studi Kasus di Pasar Tradisional Nirmala, Tirtonirmolo, kasihan, Bantul, D.I Yogyakarta)

Andikha Waras Santoso, NIM.: 17106060002 (2022) PERANCANGAN LAYOUT PASAR TRADISIONAL MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA COMPUTERIZED RELATIONSHIP LAYOUT PLANNING (CORELAP) DAN SIMULASI SOFTWARE FLEXSIM (Studi Kasus di Pasar Tradisional Nirmala, Tirtonirmolo, kasihan, Bantul, D.I Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERANCANGAN LAYOUT PASAR TRADISIONAL MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA COMPUTERIZED RELATIONSHIP LAYOUT PLANNING (CORELAP) DAN SIMULASI SOFTWARE FLEXSIM (Studi Kasus di Pasar Tradisional Nirmala, Tirtonirmolo, kasihan, Bantul, D.I Yogyakarta))
17106060002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERANCANGAN LAYOUT PASAR TRADISIONAL MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA COMPUTERIZED RELATIONSHIP LAYOUT PLANNING (CORELAP) DAN SIMULASI SOFTWARE FLEXSIM (Studi Kasus di Pasar Tradisional Nirmala, Tirtonirmolo, kasihan, Bantul, D.I Yogyakarta))
17106060002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan di pasar tradisional nirmala merupakan pasar yang baru didirikan yang terletak di jalan Madukismo, Padokan Kidul, Tirtonirmolo, Kecamatan Kasaihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pasar ini dibangun untuk memudahkan pedagang dalam menjajakan produknya dan diharapkan dibangunnya pasar tradisional nirmala ini akan mendongkrak perekonomian masyarakat setempat. Sebelum dapat menentukan permasalahan pada objek penelitian dilakukannya observasi secara langsung kelapangan dan mewawancarai langsung pedagang dan pengelola pasar agar peneliti dapat menentukan permasalahan yang muncul di pasar tradisional nirmala. Didapatkan masalah yaitu pedagang kurang nyaman dalam penataan layout yang kurang tertata dan pedagang yang sangat terganggu akibat tempat dagangannya berdekatan dengan dagangan lain yang dapat menimbulkan bau, maka dari itu pasar tradisional nirmala perlu adanya penataan terkait dengan pembenahan dari masalah-masalah yang ada. Metode yang digunakan peneliti dalam menangani masalah tersebut yaitu dengan menggunakan metode algoritma CORELAP. Hasil dari penelitian ini bahwa usulan dari penggunaan metode algoritma CORELAP mendapatkan hasil yang positif, total momen perpindahan pada lantai aktivitas di pasar tradisional nirmala setelah mendapatkan layout usulan sebesar 11362,44 meter, dari hasil tersebut dapat mengurangi 2284,06 meter perpindahan pada lantai aktivitas di pasar tradisional nirmala. Metode CORELAP dapat mengefisien jarak sebesar 16,73 % dari jarak lintasan layout awal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Ir. Arya Wirabhuana, S.T., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: simulasi; pasar tradisional; CORELAP; Layout; ARC
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 29 Sep 2022 15:56
Last Modified: 29 Sep 2022 15:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53642

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum