PENGEMBANGAN FLASH MOVIE UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS 2 DI SEKOLAH DASAR

Tiara Nurhayati, NIM.: 20204081003 (2022) PENGEMBANGAN FLASH MOVIE UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS 2 DI SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN FLASH MOVIE UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS 2 DI SEKOLAH DASAR)
20204081003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN FLASH MOVIE UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS 2 DI SEKOLAH DASAR)
20204081003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya media pembelajaran yang digunakan ketika proses kegiatan pembelajaran matematika kelas 2 di SD Muhammadiyah Kleco kurang bervariasi. Pada kegiatan observasi media pembelajaran yang digunakan berupa buku guru dan buku siswa, sehingga berdasarkan analisis masih ada beberapa peserta didik yang minat dan hasil belajarnya rendah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan media pembelajaran matematika menggunakan macromedia flash, (2) Menganalisis kualitas media pembelajaran matematika menggunakan macromedia flash, dan (3) Menganalisis pengaruh penerapan media pembelajaran matematika menggunakan macromedia flash terhadap minat belajar dan hasil belajar peserta didik di SD Muhammadiyah Kleco. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan RnD atau (Research and Development) model Robert Maribe Brach yang terdiri 5 tahap ADDIE. 1) Analisis (Analysis) melakukan analisis pemilihan produk, analisis terhadap standar isi yang diambil dari KI, KD, materi, dan analisis kebutuhan peserta didik berdasarkan; (1) masih ada beberapa peserta didik minat belajarnya rendah sehingga hasil belajarnya juga rendah; (2) media pembelajaran yang digunakan sekolah belum banyak serta belum bervariasi; (3) belum ada media pembelajaran digital. 2) Desain (Design) kegiatan membuat draft dan mendesain media pembelajaran. Menggunakan aplikasi macromedia flash dengan materi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, pecahan, pengukuran waktu, panjang dan berat, serta keliling dan luas bangun datar. 3) Pengembangan (Development) kegiatan pengembangan produk yang diujikan kepada ahli media dan ahli materi serta respon guru sebagai bahan masukkan maupun evaluasi. 4) Implementasi (Implemantion) tahap menerapkan media yang dilakukan di SD Muhammadiyah Kleco kelas 2 Amanah yang berjumlah 31 peserta didik pada tanggal 15 Februari sampai dengan tanggal 25 Februari 2022. Media dilakukannya pengukuran minat dan hasil belajar. 5) Evaluasi (Evaluation) hasil dari keseluruhan dari penerapan, minat dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menunjukkan (1) Menghasilkan media pembelajaran matematika menggunakan macromedia flash yang dikemas dalam bentuk flash movie terdiri dari petunjuk penggunaan, kompetensi inti, kompetensi dasar, materi, video pembelajaran, soal latihan, soal evaluasi, profil, dan refrensi. (2) Media flash movie pembelajaran matematika yang dikembangkan dinilai layak digunakan sebagai salah satu sumber pembelajaran matematika. Berdasarkan penilaian ahli instrument yaitu ahli materi dengan nilai 94%, ahli media sebesar 94%, dan ahli guru 98%. (3) Media flash movie pembelajaran matematika dapat meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik, hal ini diperoleh berdasarkan uji hipotesis paired sample t-test dengan hasil pada minat dan hasil belajar diperoleh Sig. (2 xiv tailed) sebesar 0,000<0,05. Diperoleh dari perbandingan nilai rata-rata minat belajar pretest 29,65 dan posttest 48,77. Sedangkan, hasil belajar ditunjukkan dengan nilai pretest 58,55 dan posttest 78,55. Hasil tersebut dapat disimpulkan pada minat belajar dan hasil belajar menunjukkan perbedaan yang meningkat signifikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Siti Fatonah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media, Flash Movie, Minat dan Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 30 Sep 2022 08:15
Last Modified: 30 Sep 2022 08:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53659

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum