PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SUBTEMA 2 MANUSIA DAN LINGKUNGANNYA KELAS V SEKOLAH DASAR

Dibrina Raseuki Ginting, NIM.: 20204081010 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SUBTEMA 2 MANUSIA DAN LINGKUNGANNYA KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SUBTEMA 2 MANUSIA DAN LINGKUNGANNYA KELAS V SEKOLAH DASAR)
20204081010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SUBTEMA 2 MANUSIA DAN LINGKUNGANNYA KELAS V SEKOLAH DASAR)
20204081010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya media pembelajaran yang digunakan saat pembelajaran tematik kelas V SD Muhammadiyah Karangploso yang kurang bervariasi pada saat pandemic covid-19. Pada kegiatan observasi media yang digunakan berupa buku guru dan buku siswa, sehingga terdapat beberapa peserta didik yang minat belajarnya rendah sehingga hasil belajarpun rendah. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengembangkan media komik digital subtema 2 manusia dan lingkungannya kelas V Sekolah Dasar. (2) Menganalisis kelayakan dan karakteristik media komik digital. (3) Mengetahui pengaruh media komik digital terhadap minat dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (Research and Development) desain penelitian ini menggunakan model ADDIE dikembangkan oleh Robert Maribe Brach yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analysis (analisis), Design (perangcangan), Development (pengembangan), Implementation (pengaplikasian) dan Evaluation (evaluasi). Lokasi penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah Karangploso yang beralamat di Karang Ploso, Sitimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta yang berjumlah 25 siswa. Instrumen pengumpulan data penelitian ini berupa angket dan soal dengan teknik pengumpulan hasil penilaian para ahli validator, angket 7 pernyataan dan tes berupa soal pilihan ganda sebanyak 15 soal dengan teknik analisis data menggunakan uji statistik, uji hipotesis, dan uji-t sample paired t-test. Penelitian ini menghasilkan media komik digital, khususnya pada materi subtema 2 manusia dan lingkungannya kelas V yang dikemas dalam bentuk website. Media komik digital dinilai layak untuk digunakan sebagai salah satu sumber media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli instrument yaitu ahli media dengan tingkat kelayakan 93.3 %, ahli materi sebesar 88%, dan respon guru 93,3%. Hasil perhitungan diperoleh nilai rata-rata minat balajar siswa pretest dengan sebesar 22,68 kemudian hasil minat belajar postest meningkat dengan xv nilai rata-rata 34,84. Hasil belajar dari perbandingan nilai rata-rata pretest dan postest dalam pembelajaran menggunakan media komik digital yaitu nilai pretest 61 dan nilai rata-rata postest 74,60. Karakteristik media komik digital yang dibentuk dalam cerita dipilih sesuai dengan rancangan dan kebutuhan siswa berupa alur cerita yang terintegrasi dengan unsur agama, tokoh dan karakteristik yang dikembangkan dengan berbusana sopan. Karakteristik lainnya komik digital dibuat dalam 1,15 spasi dan komik digital tidak menggunakan memori penyimpanan karna diakses menggunakan website. Hasil perhitungan uji paired sample t-test diperoleh dari perbandingan nilai pretest minat belajar siswa dan postest minat belajar siswa serta pretest hasil belajar dan postest hasil belajar siswa memperoleh hasil nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka terdapat perbedaan antara minat dan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan media komik digital.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Hj. Siti Fatonah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Media Komik Digital, Minat Belajar, Hasil Belajar Siswa, Kelas V.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 30 Sep 2022 09:33
Last Modified: 30 Sep 2022 09:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53676

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum