PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUICK ON THE DRAW BERBASIS MEDIA POHON PINTAR TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MI

Zikraul Husna, NM.: 20204081011 (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUICK ON THE DRAW BERBASIS MEDIA POHON PINTAR TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUICK ON THE DRAW BERBASIS MEDIA POHON PINTAR TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MI)
20204081011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUICK ON THE DRAW BERBASIS MEDIA POHON PINTAR TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MI)
20204081011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih ada beberapa siswa di MI yang minat belajar IPA masih rendah. Media pembelajaran IPA yang digunakan kurang bervariasi sehingga mempengaruhi minat belajar siswa. Sumber belajar yang digunakan adalah buku tema dan modul. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw berbasis media pohon pintar di kelas V MI; (2) menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw berbasis media pohon pintar terhadap minat belajar siswa di kelas V MI; dan (3) menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw berbasis media pohon pintar terhadap hasil belajar siswa di kelas V MI. Jenis penelitian yang telah digunakan yaitu penelitian Quasi Experiment dengan desain The non ekuivalen pretest-postest. Sampel dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Ma’arif Blendangan dan MI Muhammadiyah Doyong yang berjumlah 46 orang, siswa Ma’arif Blendangan sebagai kelas eksperimen dan MI Muhammadiyah Doyong sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, tes/soal, observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan. (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw berbasis media pohon pintar dalam pelajaran IPA materi perubahan wujud benda di kelas V MI Ma’arif Blendangan dilakukan dengan membagi siswa menjadi 5 kelompok. Setiap kelompok diberikan materi perubahan wujud benda dan 5 soal yang terdapat pada pohon pintar. Masing-masing kelompok mengerjakan soal secara bersama-sama. Jika sudah menyelesaikan 1 soal maka perwakilan kelompok maju memperlihatkan jawaban kepada guru dan diperiksa, apabila jawaban benar maka dilanjutkan dengan menjawab soal selanjutnya, dan apabila belum tepat maka siswa mencari jawaban kembali; (2) hasil skor pretest rata-rata minat belajar siswa kelas eksperimen adalah 25,18 dan postest adalah 36,77. Adapun skor pretest rata-rata pada kelas kontrol adalah 25,20 dan postest adalah 34,04. Hasil dari uji independent sampel t-test menggunakan SPSS diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,04 < 0,05; (3) hasil nilai pretest ratarata dari hasil belajar siswa kelas ekeperimen adalah 45 dan postest adalah 84,09. Adapun nilai pretest pada kelas kontrol adalah 40,08 dan postest 63,95. Hasil dari uji independent sampel t-test menggunakan aplikasi SPSS diperoleh xv nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa pada minat dan hasil belajar maka H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Siti Fatonah, S.Pd., M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Hasil Belajar, Model Quick On The Draw.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 30 Sep 2022 09:42
Last Modified: 30 Sep 2022 09:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53677

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum