PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA

Miftahussaadah, NIM.: 20204081035 (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA)
20204081035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA)
20204081035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan perangkat pembelajaran discovery learning berbasis etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa. Penelitian ini dilakukan sebagai bentuk inovasi dalam memperbaiki kualitas pembelajaran di dalam kelas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development) model 4D/ID. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar angket respon siswa dan instrumen tes literasi matematika. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif diperoleh berdasarkan hasil validasi, angket respon siswa dan observasi keterlaksanaan pembelajaran. Sedangkan analisis data kuantitatif berdasarkan hasil tes literasi matematika yang diolah menggunakan one group pre-test post test design dan uji hipotesis Lilliefors dengan bantuan SPSS Versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pengembangan perangkat pembelajaran discovery learning berbasis etnomatematika dinyatakan valid. Hal tersebut dapat dibuktikan berdasarkan hasil penilaian para ahli perangkat pembelajaran yaitu ahli desain, ahli materi dan ahli pembelajaran yang memperoleh rata-rata 91,5% dengan kategori sangat valid, (2) hasil tes literasi matematika menunjukkan peningkatan nilai antara sebelum dan sesudah menggunakan perangkat pembelajaran. Selisih sebelum dan sesudah menggunakan perangkat discovery learning berbasis etnomatematika yaitu 29,73%. Nilai rata-rata sebelum menggunakan perangkat yaitu 41,81 dan sesudah menggunakan perangkat yaitu 71,54. Perangkat pembelajaran dinyatakan efektif berdasarkan hasil observasi keterlaksanaan kegiatan pembelajaran memperoleh angka 96% dengan kualitas keterlaksanaan sangat baik dan hasil penilaian siswa terhadap perangkat pembelajaran mencapai hasil 83%. Dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran discovery learning berbasis etnomatematika valid dan efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa. Dampak hasil dari penelitian ini bisa dijadikan sebagai rujukan bagi guru matematika dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran terutama pada materi bangun datar segi banyak di kelas IV SD/MI.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sigit Purnama, S.Pd.I., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Discovery learning, Etnomatematika, Literasi Matematika.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 30 Sep 2022 10:39
Last Modified: 30 Sep 2022 10:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53691

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum