IDENTIFIKASI ZONA MINERALISASI EMAS MENGGUNAKAN METODE GEOLISTRIK RESISTIVITAS DAN INDUCED POLARIZATION KONFIGURASI WENNER DI DAERAH SOLOK SELATAN SUMATERA BARAT TUGAS AKHIR

Walhasbi Praditiya, NIM.: 17106020035 (2022) IDENTIFIKASI ZONA MINERALISASI EMAS MENGGUNAKAN METODE GEOLISTRIK RESISTIVITAS DAN INDUCED POLARIZATION KONFIGURASI WENNER DI DAERAH SOLOK SELATAN SUMATERA BARAT TUGAS AKHIR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IDENTIFIKASI ZONA MINERALISASI EMAS MENGGUNAKAN METODE GEOLISTRIK RESISTIVITAS DAN INDUCED POLARIZATION KONFIGURASI WENNER DI DAERAH SOLOK SELATAN SUMATERA BARAT TUGAS AKHIR)
17106020035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IDENTIFIKASI ZONA MINERALISASI EMAS MENGGUNAKAN METODE GEOLISTRIK RESISTIVITAS DAN INDUCED POLARIZATION KONFIGURASI WENNER DI DAERAH SOLOK SELATAN SUMATERA BARAT TUGAS AKHIR)
17106020035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan, Provinsi Sumatera Barat. Kabupaten Solok Selatan memiliki potensi sumber daya mineral emas yang cukup tinggi, maka dari itulah dilakukan survei geofisika untuk mengetahui kondisi bawah permukaan dengan menggunakan metode Geolistrik yang merupakan metode geofisika aktif yang mempelajari sifat kelistrikan di dalam bumi dengan menginjeksikan arus ke dalam bumi. Penelitian ini menggunakan metode geolistrik resistivitas (tahanan jenis) dan metode Induced Polarization (Polarisasi Terinduksi) konfigurasi Wenner dengan tujuan mengidentifikasi zona mineralisasi emas berdasarkan nilai resistivitas chargeability dan Metal Factor yang dikorelasi dengan data geologi dan data singkapan batuan hingga bisa dilihat kemenerusan dari zona mineralisasi emas di daerah penelitian.Pengambilan data dilakukan pada 6 lintasan mulai dari lintasan 1 hingga lintasan 6 yang saling sejajar satu sama lain. Setiap lintasan memiliki panjang 235 meter dengan spasi antar elektroda sebesar 5 meter. Pengolahan data penelitian dilakukan dengan menggunakan software RES2DINV, Surfer 16, Google Earth Pro dan Voxler 4.Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan nilai resistivitas dan nilai chargeability bawah permukaan dengan rentang nilai 52 – 80.348 Ωm dan 2,19 – 186 msec. Berdasarkan nilai resistivitas dan nilai chargeability yang didapatkan menunjukkan adanya zona batuan vulkanik dengan rata-rata nilai resistivitas tinggi (>3374 Ωm) dan nilai chargeability rendah-sedang (25-75 msec), zona alterasi dengan rata-rata nilai resistivitas rendah-sedang (1041-3374 Ωm) dan nilai chargeability tinggi (>75 msec), serta zona mineralisasi emas dengan rata-rata nilai resistivitas sedang-tinggi (>3374 Ωm) dan nilai chargeability tinggi (>75 msec). Sedangkan dari pemodelan 3-Dimensi terlihat kemenerusan zona mineralisasi emas dari lintasan 2, lintasan 3, lintasan 4 hingga lintasan 5.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Andi, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Geolistrik, polarisasi terinduksi, resistivitas, chargeability, mineralisasi emas
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 30 Sep 2022 13:52
Last Modified: 30 Sep 2022 13:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53698

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum