UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN LABU KUNING ( Cucurbita moschata ) DENGAN METODE DPPH ( 2,2-Difenil-1-pikrylhidrazyl ) SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA

Isna Gustanti, NIM.: 17106070024 (2022) UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN LABU KUNING ( Cucurbita moschata ) DENGAN METODE DPPH ( 2,2-Difenil-1-pikrylhidrazyl ) SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN LABU KUNING ( Cucurbita moschata ) DENGAN METODE DPPH ( 2,2-Difenil-1-pikrylhidrazyl ) SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA)
17106070024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (943kB) | Preview
[img] Text (UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN LABU KUNING ( Cucurbita moschata ) DENGAN METODE DPPH ( 2,2-Difenil-1-pikrylhidrazyl ) SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA)
17106070024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (885kB) | Request a copy

Abstract

Ilmu kimia merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan alam (IPA) yang sulit dengan konsep yang kompleks dan abstrak. Pembelajaran kimia banyak disajikan dengan cara yang monoton, mengacu pada buku dan teks, pembelajaran tersebut kurang membuat siswa paham akan materi yang diajarkan. Sehingga perlu adanya eksperimen untuk memahami materi. Eksperimen di laboratorium terhambat oleh beberapa faktor diantaranya bahan yang digunakan mahal dan alat yang digunakan terbatas. Alternatif yang dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan bahan alam salah satunya dengan menggunakan labu kuning (Cucurbita moschata). Labu kuning merupakan tanaman tinggi antioksidan dan vitamin C. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas antioksidan pada labu kuning (Cucurbita moschata) serta menganalisis kesesuaian materi kimia SMK Farmasi dan kimia instrumen SMK Analisis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa ucapan dan tulisan yang diamati. Analisis yang dilakukan dalam penelitian kualitatif untuk menganalisis materi kimia serta distribusi materi yang berkaitan dengan proses uji antioksidan labu kuning (Cucurbita moschata). Tahap penelitian deskriptif kualitatif dilakukan dengan metode studi literatur berupa telaah kurikulum kimia SMK Farmasi dan SMK Analisis. Kurikulum yang dijadikan acuan adalah kurikulum 2013. Hasil uji aktivitas antioksidan ekstrak labu kuning dengan metode DPPH menunjukkan bahwa semakin besar konsentrasi maka semakin besar aktivitas antioksidannya ditandai dengan perubahan warna dan nilai absorbansi yang semakin besar. Proses yang digunakan dalam uji antioksidan labu kuning (Cucurbita moschata) sesuai dan relevan dengan materi pembelajaran kimia SMK

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Laili Nailul Muna, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Labu Kuning, Uji Antioksidan, Vitamin C, Pembelajaran Kimia
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 30 Sep 2022 16:25
Last Modified: 30 Sep 2022 16:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53714

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum