PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PENGGUNAAN IRINGAN MUSIK DALAM KARYA SENI TARI MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA

Wahyu Dinavita Rahmawati, NIM.: 16380045 (2022) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PENGGUNAAN IRINGAN MUSIK DALAM KARYA SENI TARI MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PENGGUNAAN IRINGAN MUSIK DALAM KARYA SENI TARI MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA)
16380045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PENGGUNAAN IRINGAN MUSIK DALAM KARYA SENI TARI MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA)
16380045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Adanya Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta adalah untuk meningkatkan perlindungan kepastian hukum bagi pencipta, pemegang hak cipta dan pemilik hak terkait dengan menyesuaikan kebutuhan terhadap perkembangan hukum di masyarakat dalam bidang hak cipta, dan diharapkan undang-undang tersebut dapat melindungi karya-karya seni khususnya seni musik dan seni tari. Banyak ciptaan karya seni tari di Indonesia yang pembuatan karya seni tarinya menggunakan iringan musik atau lagu tanpa seizin pencipta. Penelitian ini membahas bagaimana hukum hak cipta terhadap penggunaan iringan musik sebagai suara latar dalam karya seni tari menurut Undang-Undang Nomor 28 tahun 2014 tentang hak cipta dan bagaimana hukum plagiarisme penggunaan iringan musik sebagai suara latar dalam karya seni tari menurut hukum Islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang dibantu dengan kepustakaan dan menggunakan pendekatan yuridis normatif yaitu pendekatan yang melihat suatu kenyataan hukum dalam masyarakatyang terkait dengan masalah penggunaan karya cipta seni musik sebagai iringan karya seni tari di kalangan para seniman. Teknik yang didapat dalam mengumpulkan data yaitu observasi lapangan dan berbagai sumber buku, jurnal, data dari internet dan data-data yang diperlukan dalam rangkat mengidentifikasi data tersebut secara sistematis. Dapat disimpulkan pemerintah mampu melindungi hak cipta karya seni di indonesia dengan UU No. 28 Tahun 2014 tentang hak cipta. Dalam dunia Persenian, kecenderungan malas berpikir akan melahirkan tindakan plagiarisme yang melanggar hak cipta dan norma hukum Islam serta tujuan pensyariatan (Maqashid Al Syari’ah). Penelitian ini bertujuan untuk meninjau plagiarisme dari peraturan hukum yang ada di Indonesia dan hukum dalam agama Islam serta sanksinya. Penelitian ini merupakan penelitian hukum Normatif dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui perpustakaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Ratnasari Fajaria Abidin, S.H., M,H.
Uncontrolled Keywords: Iringan Musik Karya Seni Tari, Undang-Undang Hak Cipta
Subjects: HAKI - Hak Kekayaan Intelektual
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syari'ah (S-1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 Oct 2022 08:39
Last Modified: 03 Oct 2022 08:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53718

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum