KONSEP RAHMAH DALAM KELUARGA YANG BEKERJA DI LUAR NEGERI (STUDI KASUS DI DESA BACEM KECAMATAN PONGGOK KABUPATEN BLITAR)

Rizky Candra Agung, NIM.: 17103050055 (2022) KONSEP RAHMAH DALAM KELUARGA YANG BEKERJA DI LUAR NEGERI (STUDI KASUS DI DESA BACEM KECAMATAN PONGGOK KABUPATEN BLITAR). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP RAHMAH DALAM KELUARGA YANG BEKERJA DI LUAR NEGERI (STUDI KASUS DI DESA BACEM KECAMATAN PONGGOK KABUPATEN BLITAR))
17103050055_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KONSEP RAHMAH DALAM KELUARGA YANG BEKERJA DI LUAR NEGERI (STUDI KASUS DI DESA BACEM KECAMATAN PONGGOK KABUPATEN BLITAR))
17103050055_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR (2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Banyak mata pencaharian yang dihalalkan untuk memperoleh rejeki yang berkah salah satunya bekerja di luar negeri, bekerja di luar negeri telah diizinkan baik dari segi agama maupun negara namun pada kenyataan di lapangan banyak kejadian dan hal-hal yang tidak diinginkan dalam kehidupan berkeluarga yang terjadi ketika memilih untuk bekerja di luar negeri. Namun masih banyak masyarakat Desa Bacem Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar banyak yang memilih untuk bekerja di luar negeri serta bagaimana penerapan konsep rahmah dalam kehidupan rumah tangga keluarga yang bekerja di luar negeri. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan) dan untuk pengumpulan data menggunakan wawancara, teori yang digunakan dalam penelitian adalah maqasid syariah yang akan digunakan untuk membedah masalah yang akan diteliti juga analisis data yang dilakukan sejak awal pengumpulan data sampai akhir untuk memecahkan masalah yang dihadapi. Hasil penelitian konsep rahmah dalam keluarga yang bekerja di luar negeri merupakan jalan atau cara menuju kasih sayang dan ketentraman di dalam kehidupan berumah tangga. Menurut keluarga yang bekerja di luar negeri konsep rahmah dapat didapatkan dengan lancarnya komunikasi di dalam sebuah keluarga baik melalui surat, via chatting ataupun video call, selain itu tercukupinya kebutuhan sehari-hari juga sangat penting untuk tercapainya konsep rahmah dalam rumah tangga. Konsep rahmah dalam keluarga yang bekerja di luar negeri dikatakan tercapai ketika orang yang kita sayangi telah merasakan kenyamanan, ketentraman dan keamanan meskipun harus mengorbankan diri sendiri atau konsep rahmah dimana semua anggota keluarga harus merasakan nikmat dari hasil jerih payah mereka secara bersama-sama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Mansur.S.Ag.,M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Konsep Rahmah, keluarga TKI, Keluarga Sakinah, Mawaddah dan Rahmah
Subjects: Hukum Keluarga > Keluarga Islam
Keluarga Sejahtera
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-1) > Hukum Keluarga
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 Oct 2022 08:58
Last Modified: 03 Oct 2022 08:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53723

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum