RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PELAYANAN SURAT KETERANGAN PADA KANTOR DESA KALIURIP KECAMATAN BENER KABUPATEN PURWOREJO BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE EXTREME PROGRAMMING

Iqbal Qodhi Alfian Mubarok, NIM.: 18106050004 (2022) RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PELAYANAN SURAT KETERANGAN PADA KANTOR DESA KALIURIP KECAMATAN BENER KABUPATEN PURWOREJO BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE EXTREME PROGRAMMING. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PELAYANAN SURAT KETERANGAN PADA KANTOR DESA KALIURIP KECAMATAN BENER KABUPATEN PURWOREJO BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE EXTREME PROGRAMMING)
18106050004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PELAYANAN SURAT KETERANGAN PADA KANTOR DESA KALIURIP KECAMATAN BENER KABUPATEN PURWOREJO BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE EXTREME PROGRAMMING)
18106050004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (27MB) | Request a copy

Abstract

Teknologi merupakan salah satu alat yang digunakan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Salah satu implementasi dari pemanfaatan teknologi adalah dengan adanya e-Government pada pemerintahan. Kantor Desa Kaliurip adalah salah satu kantor pemerintahan yang mempunyai tanggung jawab dalam melayani masyarakat Desa Kaliurip yang salah satunya adalah pembuatan surat keterangan. Saat ini pelayanan pembuatan surat keterangan pada Kantor Desa Kaliurip masih menggunakan sistem manual dengan data persyaratan berupa hard file yang mana menyebabkan kemungkinan terjadinya kesalahan input dikarenakan berkas yang bertumpuk ataupun hilang sehingga menghambatan dalam proses pelayanan. Untuk mempermudah dalam melakukan proses pelayanan pembuatan surat keterangan maka diperlukan adanya suatu sistem yang dapat membantu dengan mengembangkan sistem pelayanan online berbasis web. Dengan menggunakan sistem ini pelayanan pembuatan surat keterangan dapat lebih efektiv dan efisien serta minim kesalahan. Sistem ini dibuat menggunakan metode Extreme Programming. Langkah pengembangan sistem diawali planning, design, coding, dan testing. Sistem informasi pelayanan surat keterangan ini dibuat dengan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai database. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan hasil pengujian fungsionalitas beta sebagai Pemohon sudah berfungsi 98,2%, sebagai Staff 92,9%, dan sebagai Lurah 100%, pegujian usabilitas menunjukkan bahwa sebagian besar responden setuju terhadap kemudahan sistem yang telah dibangun. Dan mampu mempermudah Staff desa dan masyarakat dalam proses pembuatan surat keterangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Ir. Bambang Sugiantoro, S.Si., M.T.
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Surat Keterangan, Metode Extreme programming, Sistem rancang bangun.
Subjects: Tehnik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 03 Oct 2022 09:16
Last Modified: 03 Oct 2022 09:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53734

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum