PENGEMBANGAN SOFTWARE DEVELOPMENT KIT (SDK) PESAN INSTAN BAGIAN SERVER MENGGUNAKAN PENDEKATAN METODE PROTOTYPING

Alza Syauqi Billah Ghifari, NIM.: 18106050017 (2022) PENGEMBANGAN SOFTWARE DEVELOPMENT KIT (SDK) PESAN INSTAN BAGIAN SERVER MENGGUNAKAN PENDEKATAN METODE PROTOTYPING. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN SOFTWARE DEVELOPMENT KIT (SDK) PESAN INSTAN BAGIAN SERVER MENGGUNAKAN PENDEKATAN METODE PROTOTYPING)
18106050017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN SOFTWARE DEVELOPMENT KIT (SDK) PESAN INSTAN BAGIAN SERVER MENGGUNAKAN PENDEKATAN METODE PROTOTYPING)
18106050017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Beberapa perusahaan, lembaga, hingga organisasi baik dalam ruang lingkup pemerintahan maupun swasta menggunakan aplikasi pesan instan untuk komunikasi jarak jauh dalam kepentingan aktivitas mereka. Perusahaan, lembaga, maupun organisasi tersebut menginginkan dalam perangkat lunak yang mereka miliki dapat terintegrasi dengan aplikasi pesan instan sehingga mereka dapat mengolah data pesan instan mereka sendiri. Dimana hal tersebut tidak dapat terwujud jika menggunakan aplikasi pesan instan seperti halnya WhatsApp, karena WhatsApp menggunakan konsep message end-to-end encrypted. Apabila membangun sistem pesan instan dari awal masalah yang kemudian muncul adalah penambahan biaya dalam pengembangan aplikasi pesan instan tersebut. Oleh karena itu, maka dilakukuan sebuah penelitian yang bertujuan untuk membuat sebuah Software Development Kit (SDK) pesan instan bagian server (IM-SDKServer). Penelitian ini menggunakan metode prototyping dalam pengembangan perangkat lunak tersebut. IM-SDK-Server menggunakan beberapa teknologi dalam pengembangannya yaitu; bahasa pemrograman Go, framework Gin, DBMS ElephantSQL dan protokol komunikasi real-time Websocket. Hasil dari penelitian ini adalah berhasilnya pengujian dari semua fitur-fitur yang ada dalam IM-SDKServer dengan menggunakan tools pengujian yaitu; frontend sederhana dan Postman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Agung Fatwanto, S. Si., M. Kom.
Uncontrolled Keywords: Pesan Instan, Software Development Kit (SDK), Server, Metode Prototyping.
Subjects: Tehnik Informatika
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 03 Oct 2022 11:22
Last Modified: 03 Oct 2022 11:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53739

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum