KOMERSIALISASI JASA EDITING MENGGUNAKAN APLIKASI BAJAKAN MENURUT UU NOMOR 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA DAN MENURUT HUKUM PIDANA ISLAM

Ihza Afdholasyakar, NIM.: 17103060021 (2022) KOMERSIALISASI JASA EDITING MENGGUNAKAN APLIKASI BAJAKAN MENURUT UU NOMOR 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA DAN MENURUT HUKUM PIDANA ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOMERSIALISASI JASA EDITING MENGGUNAKAN APLIKASI BAJAKAN MENURUT UU NOMOR 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA DAN MENURUT HUKUM PIDANA ISLAM)
17103060021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KOMERSIALISASI JASA EDITING MENGGUNAKAN APLIKASI BAJAKAN MENURUT UU NOMOR 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA DAN MENURUT HUKUM PIDANA ISLAM)
17103060021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pembajakan merupakan perilaku menembus sebuah system dari aplikasi untuk digunakan secara ilegal. Hasil dari pembajakan ini biasanya dijual secara lebih murah atau digandakan bahkan dipakai secara gratis tanpa memikirkan penciptanya. Aplikasi hasil pembajakan tersebut seringkali digunakan untuk jual beli sebuah jasa, seperti halnya jasa editinhg dengan menggunakan aplikasi bajakan. Kejahatan ini sangatlah sering terjadi dan pengkajiannya masih begitu luas sehingga menjadi ketertarikan penyusun untuk dikaji secara khusus, serta memberi kesempatan penyusun untuk mengetahui bagaimana komersialisasi pembajakan menurut hukum pidana indonesia dan hukum pidana islam dengan memperbandingkannya. Oleh karena itu, dapat diirumuskan dua permasalahan: bagaimana tinjauan hukum UU Nomor 28 Tahun 2014 dan Hukum Pidana Islam mengenai komersialisasi jasa design menggunakan aplikasi bajakan dan apa persamaan dan perbedaan dan UU Nomor 28 Tahun 2014 dan Hukum Pidana Islam mengenai komersialisasi jasa design menggunakan aplikasi bajakan Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan yang dikuatkan dengan wawancara dengan mengumpulkan data dan dianalisis secara deskriptif-komparatif serta penulis melakukan pendekatan secara yuridis-normatif dengan cara mendekati masalah komersialisasi pembajakan dari segi hukum melalui Undang-Undang dan Hukum Pidana Islam. Dalam hal ini penulis menelaah berbagai macam sumber dan mengkaji pasal Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta untuk kemudian diuraikan bagaimana perspektif hukumnya, sedangkan dari hukum islam, penulis mencoba mengkaji Al-Qur’an dan hadis serta dalil-dalil yang berkaitan dengan hukum untuk kemudian diuraikan sesuai dengan teori pemidanaan, jari>mah dan teori qiyas. Berdasarkan metode yang digunakan, maka diketahui bahwa dalam Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta, komersialisasi pembajakan ini merupakan perbuatan yang dilarang pada pasal 9 mengenai hak ekonomi pencipta. Sedangkan dalam hukum islam sendiri tidak dikatakan secara jelas tentang dalilnya sehingga menjadi bagian dari jari>mah ta’zir dalam bentuk gho>so>b. Sanksi komersialisasi pembajakan hak cipta ini dalam Undang-Undang No.28 Tahun 2014 terdapat pada pasal 113 ayat 3 dan 4. Sedangkan dalam Hukum Pidana Islam, pembajakan merupakan perbuatan yang dilarang karena dikategorikan dalam perbuatan gho>so>b. Maka hukumannya diserahkan kepada hakim dan ulil amri sesuai dengan pengertian dari jari>mah ta’zir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Vita Fitria, S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Komersialisasi, Pembajakan, Jarimah, Ghosob.
Subjects: HAKI - Hak Kekayaan Intelektual
Hukum Islam > Pidana Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 Oct 2022 13:07
Last Modified: 03 Oct 2022 13:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53742

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum