ANALISIS CLOUD COMPUTING UNTUK MENGELOLA ANTRIAN BOOKING DI ADMISI MENGGUNAKAN ALGORITMA PENJADWALAN DENGAN METODE FIRST COME FIRST SERVED

Anggit Damaz Istoko, NIM.: 18206050004 (2022) ANALISIS CLOUD COMPUTING UNTUK MENGELOLA ANTRIAN BOOKING DI ADMISI MENGGUNAKAN ALGORITMA PENJADWALAN DENGAN METODE FIRST COME FIRST SERVED. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS CLOUD COMPUTING UNTUK MENGELOLA ANTRIAN BOOKING DI ADMISI MENGGUNAKAN ALGORITMA PENJADWALAN DENGAN METODE FIRST COME FIRST SERVED)
18206050004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS CLOUD COMPUTING UNTUK MENGELOLA ANTRIAN BOOKING DI ADMISI MENGGUNAKAN ALGORITMA PENJADWALAN DENGAN METODE FIRST COME FIRST SERVED)
18206050004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) ini mengharuskan masyarakat melakukan beberapa adaptasi dalam aktifitas sehari – hari, salah satu sektor yang harus beradaptasi yaitu pada penyelenggaraan pelayanan terhadap calon mahasiswa baru di kantor Admisi. Untuk meningkatan pelayanan optimal dalam melayani pengunjung dan untuk mencegah penularan virus Covid-19 yaitu dengan mengubah sistem antrian yang ada. Antrian yang masih bersifat konvensional dengan metode First Come First Served (FCFS), pengunjung datang untuk mengambil nomor antrian dan menunggu sampai tiba gilirannya. Hal teresbut menimbulkan pemasalahan diantaranya waktu tunggu terlalu lama dan terjadi berkerumun dalam ruangan dalam waktu yang lama. Terdapat empat metode antrian, First Come First Served (FCFS), Shortest Job First (SJF), Priority Schedulling (PS) dan Round Robin. Solusi penanganan dari permasalahan yang terjadi yaitu dengan membangun sistem menggunakan Metode First Come First Served (FCFS) yang dikombinasikan dengan antrian service booking akan digunakan dalam penelitian ini dengan model Multi Chanel Single Phase. Penelitian ini dilakukan di Kantor Admisi dengan sampel berupa data antrian Calon Mahasiswa Baru yang mengikuti verifikasi berkas dan isian dataprofil. Data antrian tersebut akan dianalisa dan dibandingkan ketika menggunakan antrian lama dan setelah menggunakan sistem antrian ini untuk mengetahui waktu yang dihabiskan pelanggan dalam antrian. Berdasarkan hasil penelitian diketahui adanya perbedaan hasil antara antrian metode FCFS dengan metode FCS yang dikombinasikan dengan service booking. Hasil yang didapatkan rata-rata waktu menunggu proses verifikasi dengan menggunakan sistem antrian konvensional adalah 36 menit, sedangkan setelah implementasi menjadi 26 menit.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Bambang Sugiantoro, M.T.
Uncontrolled Keywords: Sistem antrian, Teori antrian, FCFS, service booking, Multi Chanel Single Phase, Algoritma penjadwalan
Subjects: Tehnik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Informatika (S2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 03 Oct 2022 11:59
Last Modified: 03 Oct 2022 11:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53755

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum