PEMBACAAN SURAH TUJUH DI PONDOK PESANTREN ZAINUL HASAN GENGGONG PAJARAKAN PROBOLINGGO (Studi Living Qur’an Berdasarkan Teori Talcott Parsons)

Noer Hidayat MJ, NIM.: 17105030035 (2022) PEMBACAAN SURAH TUJUH DI PONDOK PESANTREN ZAINUL HASAN GENGGONG PAJARAKAN PROBOLINGGO (Studi Living Qur’an Berdasarkan Teori Talcott Parsons). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBACAAN SURAH TUJUH DI PONDOK PESANTREN ZAINUL HASAN GENGGONG PAJARAKAN PROBOLINGGO (Studi Living Qur’an Berdasarkan Teori Talcott Parsons))
17105030035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PEMBACAAN SURAH TUJUH DI PONDOK PESANTREN ZAINUL HASAN GENGGONG PAJARAKAN PROBOLINGGO (Studi Living Qur’an Berdasarkan Teori Talcott Parsons))
17105030035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pembacaan surah tujuh merupakan praktik sosial keagamaan telah berlangsung lama di Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong Pajarakan Probolinggo yang terdapat kumpulan bacaan tujuh surah pilihan dalam Al-Qur’an. Unsur yang mendominasi pada pembacaan surah tujuh ialah surah Al-Qur’an yang dipilih menjadi sebuah kegiatan wajib baik berupa satu kesatuan dan urutan surah Al-Qur’an. Sebab adanya kegiatan wajib pembacaan surah tujuh pada setiap malam Jum’at setelah shalat Isya’ membuat penulis tertarik untuk meneliti lebih jauh dengan rumusan masalah yaitu bagaimana prosesi dan pemahaman pembacaan surah tujuh tersebut. Penulis fokus pada proses praktik dan pemahaman pembacaan surah tujuh yang diwujudkan dengan bentuk perilaku pelaku tindakan sosial baik santri, pengurus, dan alumni. Penulis menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif analitik, tujuannya untuk mengetahui alasan pembacaan surah tujuh dan mencapai pemahaman terhadap hasil penelitian secara kompleks. Teori yang digunakan sebagai sudut pandang ialah skema tindakan sosial Talcott Parsons. Hasil penelitian dari skripsi ini pertama, pembacaan surah tujuh merupakan praktik sosial keagamaan yang berkembang sampai sekarang. Kedua, teori skema tindakan sosial yang berperan sebagai aktor ialah santri, pengurus, dan alumni. Tujuannya untuk mendekatkan diri kapada Allah dan memperoleh kebaikan dunia akhirat. Situasi sebagai bentuk implementasi kepatuhan kepada pengasuh, aturan, pembelajaran, dan pembentukan karakter. Standar-standar normatif bagian terpenting, karena terdapat landasan kontekstual serta normatif ketika membaca surah al-Sajdah, Ya>si>n, al-Dukha>n, al-Rah{man, al-Wa>qi’ah}, dan al-H{adi>d.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Mohamad Yusup, M.SI
Uncontrolled Keywords: Living Qur’an, Pembacaaan Surah Tujuh, Talcott Parsons.
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 03 Oct 2022 15:39
Last Modified: 03 Oct 2022 15:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53778

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum