PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI KESEIMBANGAN BENDA TEGAR DAN DINAMIKA ROTASI UNTUK KELAS XI DI SMA NEGERI 1 GALUR

Iis Nilam Cahya, NIM.: 16690043 (2022) PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI KESEIMBANGAN BENDA TEGAR DAN DINAMIKA ROTASI UNTUK KELAS XI DI SMA NEGERI 1 GALUR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI KESEIMBANGAN BENDA TEGAR DAN DINAMIKA ROTASI UNTUK KELAS XI DI SMA NEGERI 1 GALUR)
16690043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI KESEIMBANGAN BENDA TEGAR DAN DINAMIKA ROTASI UNTUK KELAS XI DI SMA NEGERI 1 GALUR)
16690043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul fisika berbasis model Problem Based Learning, mengetahui kualitas modul fisika berbasis model Problem Based Learning, dan mengetahui respon peserta didik dari modul fisika berbasis model Problem Based Learning pada materi keseimbangan benda tegar dan dinamika rotasi untuk kelas XI di SMA Negeri 1 Galur. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Develomment (R&D). Prosedur pengembangan menggunakan model 4-D yang meliputi Define, Design, Develop, dan Disseminate. Penelitian ini dilakukan sampai tahap Develop yaitu sampai uji terbatas. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi, lembar penilaian, dan lembar angket respon peserta didik. Penilaian dan respon peserta didik pada modul fisika berbasis model Problem Based Learning menggunakan skala likert dengan skala 4 dalam bentuk checklist. Hasil penelitian ini menghasilkan modul fisika berbasis model Problem Based Learning pada materi keseimbangan benda tegar dan dinamika rotasi untuk peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Galur. Kualitas modul fisika berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan pendidik fisika memperoleh kategori sangat baik (SB) dengan rerata skor berturut-turut 3,52; 3,79; dan 3,94. Respon peserta didik terhadap modul fisika pada uji coba terbatas memperoleh kategori sangat setuju (SS) dengan rerata skor 3,53. Hasil penskoran yang didapat menunjukkan bahwa modul fisika berbasis model Problem Based Learning pada materi keseimbangan benda tegar dan dinamika rotasi dapat digunakan peserta didik untuk referensi tambahan baik digunakan dalam pembelajaran di kelas maupun di luar kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Widayanti, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Modul Fisika, PBL, Keseimbangan Benda Tegar dan Dinamika Rotasi
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 03 Oct 2022 15:44
Last Modified: 03 Oct 2022 15:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53782

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum