PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA INTEGRATIF-INTERKONEKTIF BERBASIS KONSTEKTUAL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK SMP/MTS PADA MATERI HIMPUNAN

Faridhatun Nafiah, NIM.: 16600018 (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA INTEGRATIF-INTERKONEKTIF BERBASIS KONSTEKTUAL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK SMP/MTS PADA MATERI HIMPUNAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA INTEGRATIF-INTERKONEKTIF BERBASIS KONSTEKTUAL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK SMP/MTS PADA MATERI HIMPUNAN)
16600018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA INTEGRATIF-INTERKONEKTIF BERBASIS KONSTEKTUAL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK SMP/MTS PADA MATERI HIMPUNAN)
16600018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Pemahaman konsep adalah kunci pembelajaran, karena pemahaman konsep sangat mendukung pada pengembangan kemampuan matematis lain seperti komunikasi, pemecahan masalah, penalaran, koneksi, dan berpikir kritis. Pemahaman konsep akan meningkat apabila pembelajaran disajikan dekat dengan kehidupan nyata, salah satunya dengan menerapkan pembelajaran kontekstual. Kehidupan nyata mencakup kehidupan beragama. Idealnya hubungan antara ilmu dan agama adalah dialog dan lebih baik jika berintegrasi. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis kontekstual dapat menjadi salah satu inovasi untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep. Penerapan pendekatan integrasi-interkoneksi juga akan menambah wawasan keagaaman peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) matematika integratif-interkonektif berbasis kontekstual untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep peserta didik SMP/MTs pada materi himpunan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan prosedur pengembangan Richey dan Klein. Prosedur pengembangan ini biasa disebut dengan PPE karena memiliki tiga tahap yaitu tahap perencanaan (planning), produksi (production), dan evaluasi (evaluation). Adapun instrumen pengumpul data dalam penelitian ini ialah instrumen penilaian ahli materi dan ahli media dengan teknik skala yang terdiri dari empat kategori penilaian, yaitu Sangat Baik (SB), Baik (B), Kurang (K), Sangat Kurang (SK). Validator ahli terdiri dari tiga validator ahli materi dan tiga validator ahli media. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis menggunakan analisis validitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk LKPD berdasarkan penilaian validator ahli materi dan media termasuk dalam kategori valid dengan nilai rata-rata sebesar 82,37%. Dengan demikian, produk LKPD matematika integratif-interkonektif berbasis kontekstual ini dapat diujicobakan ke peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Iwan Kuswidi, S.Pd.I., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD), Integrasi-Interkoneksi, Kontekstual, Pemahaman Konsep, Himpunan
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 04 Oct 2022 08:05
Last Modified: 04 Oct 2022 08:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53788

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum