PANDANGAN DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK, PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA (DP3AP2KB) KABUPATEN SLEMAN TERHADAP IMPLEMENTASI PERDA DIY NO. 7 TAHUN 2018 TENTANG PEMBANGUNAN KETAHANAN KELUARGA (STUDI KASUS PERCERAIAN DI KABUPATEN SLEMAN DIY)

Qowwim Arfi’atus Salisa, NIM.: 18103050065 (2022) PANDANGAN DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK, PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA (DP3AP2KB) KABUPATEN SLEMAN TERHADAP IMPLEMENTASI PERDA DIY NO. 7 TAHUN 2018 TENTANG PEMBANGUNAN KETAHANAN KELUARGA (STUDI KASUS PERCERAIAN DI KABUPATEN SLEMAN DIY). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PANDANGAN DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK, PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA (DP3AP2KB) KABUPATEN SLEMAN TERHADAP IMPLEMENTASI PERDA DIY NO. 7 TAHUN 2018 TENTANG PEMBANGUNAN KETAHANAN KELUARGA (STUDI KASUS PERCERAIAN DI KABUP)
18103050065_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PANDANGAN DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK, PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA (DP3AP2KB) KABUPATEN SLEMAN TERHADAP IMPLEMENTASI PERDA DIY NO. 7 TAHUN 2018 TENTANG PEMBANGUNAN KETAHANAN KELUARGA (STUDI KASUS PERCERAIAN DI KABUP)
18103050065_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Perceraian di DIY khususnya di Kabupaten Sleman masih terbilang sangat tinggi. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya data dari Pengadilan Tinggi Agama Yogyakarta yang menyebutkan bahwa pada tahun 2018 angka perceraian di Kabupaten Sleman mencapai angka 1596 kemudian pada tahun 2019 jumlah perceraian meningkat menjadi 1622, pada tahun 2020 jumlah perceraian terus meningkat menjadi 1729 dan pada tahun 2021 angka perceraian di Kabupaten Sleman menurun menjadi 1286. Salah satu upaya pemerintah DIY dalam menekan jumlah angka perceraian di DIY adalah dengan mengeluarkan regulasi Perda DIY No. 7 Tahun 2018 tentang pembangunan Ketahanan Keluarga. Perda tersebut telah diberlakukan sejak tahun 2018 akan tetapi perceraian di DIY khususnya di Kabupaten Sleman terus meningkat sejak tahun 2018 dan menurun di tahun 2021. Pada penelitian ini, pertama, dijelaskan bagaimana pandangan DP3AP2KB Kabupaten Sleman terhadap implementasi Perda DIY No. 7 Tahun 2018 Tentang Pembangunan Ketahanan Keluarga dalam menekan kasus perceraian di Kabupaten Sleman DIY. Kedua, bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pandangan DP3AP2KB Kabupaten Sleman mengenai implementasi Perda DIY No. 7 Tahun 2018 Tentang Pembangunan Ketahanan Keluarga dalam menekan kasus perceraian di Kabupaten Sleman DIY. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan sifat penelitian deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data melalui studi lapangan yang meliputi wawancara dan telaah dokumen. Adapun objek utama yang diwawancara adalah Pegawai DP3AP2KB Kabupaten Sleman. Pendekatan yang dipakai adalah pendekatan yuridis-normatif yakni pendekatan dengan cara menelaah peraturan perundang-undangan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan Perda DIY No. 7 Tahun 2018 Tentang Pembangunan Ketahanan Keluarga. Adapun analisis data yang digunakan bersifat kualitatif dengan metode berfikir induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menurut pandangan DP3AP2KB Kabupaten Sleman, Perda DIY No. 7 Tahun 2018 Tentang Pembangunan Ketahanan Keluarga dalam upaya menekan angka perceraian di Kabupaten Sleman sudah terlaksana cukup baik namun belum tercapai secara maksimal. Meskipun ada beberapa kendala, pelaksanaan program kegiatan dari Perda tersebut tetap berjalan. Adanya keterlibatan Pemerintah Daerah sampai Pemerintah Desa serta masyarakat menjadi salah satu bukti keseriusan pemerintah dalam menjalankan kebijakan ini. Program kegiatan yang dihasilkan Perda sejalan dengan teori Maqāsid al-Syarī’ah yakni menjaga keturunan (Hifẓ al-Nasl) dan menjaga jiwa (Hifẓ al-Nafs).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Ermi Suhasti S., M.SI.
Uncontrolled Keywords: Peraturan Daerah, Perceraian, Ketahanan Keluarga, Maqasid al-Syari’ah
Subjects: Permasalahan dan Layanan kepada Anak dan Remaja
Gender
Cerai
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-1) > Hukum Keluarga
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 04 Oct 2022 08:50
Last Modified: 04 Oct 2022 08:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53793

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum