PENCEGAHAN PERKAWINAN DINI MELALUI FORUM GENERASI BERENCANA (STUDI KASUS FORUM GENERASI BERENCANA KECAMATAN CANGKRINGAN KABUPATEN SLEMAN)

Anindita Alfiana Syahrin, NIM.: 18103050052 (2022) PENCEGAHAN PERKAWINAN DINI MELALUI FORUM GENERASI BERENCANA (STUDI KASUS FORUM GENERASI BERENCANA KECAMATAN CANGKRINGAN KABUPATEN SLEMAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENCEGAHAN PERKAWINAN DINI MELALUI FORUM GENERASI BERENCANA (STUDI KASUS FORUM GENERASI BERENCANA KECAMATAN CANGKRINGAN KABUPATEN SLEMAN))
18103050052_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENCEGAHAN PERKAWINAN DINI MELALUI FORUM GENERASI BERENCANA (STUDI KASUS FORUM GENERASI BERENCANA KECAMATAN CANGKRINGAN KABUPATEN SLEMAN))
18103050052_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini membahas tentang peran Forum Generasi Berencana (GenRe) dalam mencegah perkawinan dini di Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman. Hal ini dilatar belakangi oleh adanya forum GenRe teraktif dalam jangka waktu yang panjang di Kabupaten Sleman yaitu Forum GenRe Cangkringan dalam melakukan sosialisasi dan kegiatan melalui lembaga non pendidikan dan pendidikan guna mengedukasi masyarakat untuk tidak melakukan perkawinan dini. Namun menurut data yang diperoleh, dalam jangka 4 (empat) tahun terakhir angka perkawinan dini yang terjadi di Kecamatan Cangkringan masih cenderung meningkat. Maka dari itu peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana peran Forum pernikahan Generasi Berencana (GenRe) dalam mencegah perkawinan dini di Kecamatan Cangkringan, apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat serta bagaimana tingkat keberhasilan peran GenRe dalam mencegah perkawinan dini di Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan sifat penelitian deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data melalui studi lapangan yang meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun objek utama yang diwawancara adalah Anggota Forum Generasi Berencana (GenRe) di Cangkringan, remaja dan keluarga yang mempunya remaja di Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman. Pendekatan yang dipakai adalah pendekatan sosiologis. Adapun analisis data yang digunakan bersifat kualitatif dengan metode berpikir induktif Dari penelitian yang penulis lakukan dapat disimpulkan bahwa peran Forum Generasi Berencana (GenRe) di Cangkringan dalam mencegah perkawinan dini di Kecamatan Cangkringan yaitu dengan mencetak pengurus GenRe Cangkringan yang berkualitas, sosialisasi dusun sampai kecamatan, pendampingan remaja Cangkringan dan membangun kerjasama yang baik dengan stake holder. Faktor pendukungnya adalah adanya dukungan dari lintas sektoral dan partisipasi sasaran Forum GenRe, faktor penghambat yaitu tingkat pendidikan yang relatif rendah, kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya menikah di usia ideal dan faktor lingkungan. Tingkat keberhasilan peran Forum Generasi Berencana (GenRe) dalam mencegah perkawinan dini di Kecamatan Cangkringan masih kurang efektif, karena menurut data 4 (empat) tahun terakhir angka pernikahan di bawah umur di Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman masih cenderung meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Siti Muna Hayati, M.H.I
Uncontrolled Keywords: Pencegahan, Forum Generasi Berencana (Genre), Perkawinan Dini, Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman
Subjects: Hukum Islam > Fiqih > Pernikahan
Organisasi Masyarakat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-1) > Hukum Keluarga
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 04 Oct 2022 08:36
Last Modified: 04 Oct 2022 08:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53799

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum