IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DI MASA COVID-19 (STUDI KASUS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MAN 2 KULONPROGO) TAHUN AJARAN 2021/2022

Esthi Dwi Wijayanti, NIM.: 16670041 (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DI MASA COVID-19 (STUDI KASUS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MAN 2 KULONPROGO) TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DI MASA COVID-19 (STUDI KASUS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MAN 2 KULONPROGO) TAHUN AJARAN 2021/2022)
16670041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DI MASA COVID-19 (STUDI KASUS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MAN 2 KULONPROGO) TAHUN AJARAN 2021/2022)
16670041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

SETS (Science, Environment, Technology, and Society) merupakan pendekatan yang mengajak peserta didik untuk dapat mengaitkan materi pembelajaran dengan teknologi, lingkungan dan masyarakat. Pendekatan SETS dalam pembelajaran dapat melatih peserta didik untuk menilai dampak positif maupun negatif dari suatu produk sains dan teknologi. Saat ini masih belum banyak media pembelajaran yang menggunakan SETS sebagai pendekatannya, termasuk pada pelajaran kimia. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan dan mengetahui karakteristik modul kimia berbasis SETS pada materi minyak bumi serta mengetahui kualitas modul kimia berbasis SETS pada materi minyak bumi dan respon peserta didik terhadap modul yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D (S. Thiagarajan) yang disesuaikan. terdiri dari 4 tahapan, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan Disseminate (penyebarluasan). Tahap penyebarluasan tidak dilakukan dalam penelitian ini. Produk awal dikonsultasikan kepada dosen pembimbing. Kualitas produk dinilai oleh dosen ahli materi, dosen ahli media, dan reviewer (guru kimia SMA/MA) serta direspon oleh peserta didik SMA/MA kelas XII. Penilaian kualitas dilakukan menggunakan lembar angket dengan skala Likert dan respon peserta didik dilakukan menggunakan lembar angket dengan skala Guttman. Produk yang dikembangkan merupakan media cetak berukuran A5. Produk berisi penjabaran materi minyak dengan pendekatan SETS disertai dengan beberapa contoh xvii hubungan antara sains, teknologi, lingkungan dan masyarakat. Persentase hasil penilaian kualitas produk oleh ahli materi adalah sebesar 92,5% dengan kategori sangat baik (SB), penilaian kualitas oleh ahli media mendapat nilai persetase sebesar 86,67% dengan kategori sangat baik (SB), dan hasil penilaian kualitas oleh Reviewer (guru kimia SMA/MA) mendapat persentase sebesar 91,14% dengan kategori sangat baik (SB). Produk ini mendapat respon positif dari peserta didik dengan nilai persentase sebesar 95%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa modul kimia berbasis SETS pada materi minyak bumi yang dikembangkan sangat baik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran kimia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Agus Kamaludin M.Pd
Uncontrolled Keywords: Penelitian Pengembangan, Modul, SETS, Minyak Bumi
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 04 Oct 2022 08:27
Last Modified: 04 Oct 2022 08:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53805

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum