IDENTITAS ISLAM BERKEMAJUAN DALAM TAFSIR AT-TANWIR KARYA MAJELIS TARJIH DAN TAJDID PIMPINAN PUSAT MUHAMMADIYAH

Mumtaz Fikri Danasti, NIM.: 17105030047 (2022) IDENTITAS ISLAM BERKEMAJUAN DALAM TAFSIR AT-TANWIR KARYA MAJELIS TARJIH DAN TAJDID PIMPINAN PUSAT MUHAMMADIYAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IDENTITAS ISLAM BERKEMAJUAN DALAM TAFSIR AT-TANWIR KARYA MAJELIS TARJIH DAN TAJDID PIMPINAN PUSAT MUHAMMADIYAH)
17105030047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IDENTITAS ISLAM BERKEMAJUAN DALAM TAFSIR AT-TANWIR KARYA MAJELIS TARJIH DAN TAJDID PIMPINAN PUSAT MUHAMMADIYAH)
17105030047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Terbitnya tafsir at-Tanwir pasca menguatnya wacana gagasan Islam Berkemajuan dari Muhammadiyah memberikan asumsi yang kuat bahwa tafsir ini mengandung nilai-nilai Islam Berkemajuan. Wacana gagasan Islam Berkemajuan menguat pada tahun 2010 ketika terselenggaranya Muktamar Muhammadiyah Satu Abad, setelah sebelumnya pernah muncul pada periode awal Muhammadiyah berdiri. Adapun tafsir at-Tanwir yang baru ada satu jilid ini merupakan tafsir resmi Muhammadiyah yang terbit pada tahun 2016. Dengan adanya asumsi tersebut, tema ini penting untuk diteliti untuk melihat apakah wacana pemikiran di Muhammadiyah berlangsung secara berkesinambungan dengan tafsirnya atau tidak. Penelitian ini berfokus pada dua rumusan masalah, yakni: (1) Bagaimana bentuk Islam Berkemajuan dalam tafsir at-Tanwir? (2) Bagaimana faktor yang mendorong Islam Berkemajuan dalam tafsir at-Tanwir? Penelitian ini merupakan penelitian library research yang menggunakan tafsir at-Tanwir sebagai data primer dan berbagai literatur lain sebagai data sekunder. Data tersebut diteliti menggunakan pendekatan hermeneutika berdasarkan kerangka teori fusion of horizon yang ditawarkan oleh Gadamer. Teori ini mengemukakan bahwa tafsir merupakan sebuah makna yang diproduksi dari proses peleburan horizon teks (al-

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Mahbub Ghozali
Uncontrolled Keywords: Islam Berkemajuan, Tafsir At-Tanwir
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 04 Oct 2022 09:23
Last Modified: 04 Oct 2022 09:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53806

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum