KONSEP MAQAMAN MAHMUDAN DALAM Q.S AL-ISRA’ [17] : 79 PERSPEKTIF HAMKA DAN M. QURAISH SHIHAB (Studi Komparatif Tafsir Al-Azhar dan Al-Mishbah)

Sri Muliyati, NIM.: 17105030093 (2022) KONSEP MAQAMAN MAHMUDAN DALAM Q.S AL-ISRA’ [17] : 79 PERSPEKTIF HAMKA DAN M. QURAISH SHIHAB (Studi Komparatif Tafsir Al-Azhar dan Al-Mishbah). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP MAQAMAN MAHMUDAN DALAM Q.S AL-ISRA’ [17] : 79 PERSPEKTIF HAMKA DAN M. QURAISH SHIHAB (Studi Komparatif Tafsir Al-Azhar dan Al-Mishbah))
17105030093_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KONSEP MAQAMAN MAHMUDAN DALAM Q.S AL-ISRA’ [17] : 79 PERSPEKTIF HAMKA DAN M. QURAISH SHIHAB (Studi Komparatif Tafsir Al-Azhar dan Al-Mishbah))
17105030093_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memaparkan mengenai maqa>ma>n mah}mu>da>n dalam Q.S. al-Isra>’[17] ayat 79 menurut penafsiran Hamka dan M. Quraish Shihab dalam Tafsir al-Azhar dan al-Mishbah. Topik ini dipilih karena kedua mufassir tersebut memiliki latarbelakang pemikiran berbeda. Perbedaan tersebut disebabkan oleh adanya perbedaan orientasi penafsiran atau bisa juga karena pengaruh dengan keilmuan yang dimiliki oleh kedua mufassir. Sehingga penulis tertarik untuk mengkaji lebih lanjut mengenai maqa>ma>n mah}mu>da>n dalam Q.S. al-Isra>’[17] ayat 79> menurut Hamka dan M. Quraish Shihab dalam Tafsir al-Azhar dan al-Mishbah. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) yaitu sebuah penelitian dengan menggunakan kitab, buku dan jurnal sebagai sumber rujukan. Metode yang digunakan penulis adalah comparatif yaitu membandingkan dua penafsiran mufassir mengenai maqa>ma>n mah}mu>da>n yaitu penafsiran Hamka dalam Tafsir al-Azhar dan M. Quraish Shihab dalam Tafsir al-Mishbah. Penelitian ini menemukan kedua mufassir tersebut memiliki kesamaan dalam tafsir mereka bahwa maqa>ma>n mah}mu>da>n merupakan syafa’at Nabi Muhammad saw. penelitian ini juga menemukan bahwa kedua mufassir sama-sama menggunakan tahlili sebagai metode penafsirannya dan memilih corak ada>b al-ijtima>’i. Perbedaan yang dapat ditemukan dalam penelitian ini ialah Hamka lebih dominan merujuk pada hadits, sedang kan Quraish juga merujuk kitab-kitab tafsir lainnya sebagai pendukung dalam menafsirkan Q.S. Al-Isra>’[17]: 79.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Fitriana Firdausi, S.Th.I., M.Hum
Uncontrolled Keywords: Penafsiran Al-Isra’ ayat 79, maqaman mahmudan, Hamka, M. Quraish Shihab
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 04 Oct 2022 09:52
Last Modified: 04 Oct 2022 09:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53810

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum