TINJAUAN NORMATIF TERHADAP PEMENUHAN HAK DAN KEWAJIBAN PASANGAN SUAMI ISTRI DALAM KELUARGAMIGRANT WORKER (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN ORA AJI TUNDAN, PURWOMARTANI, KALASAN, SLEMAN YOGYAKARTA)

Frely Umi Tasfiatul Fuad, NIM.: 18103050091 (2022) TINJAUAN NORMATIF TERHADAP PEMENUHAN HAK DAN KEWAJIBAN PASANGAN SUAMI ISTRI DALAM KELUARGAMIGRANT WORKER (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN ORA AJI TUNDAN, PURWOMARTANI, KALASAN, SLEMAN YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN NORMATIF TERHADAP PEMENUHAN HAK DAN KEWAJIBAN PASANGAN SUAMI ISTRI DALAM KELUARGAMIGRANT WORKER (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN ORA AJI TUNDAN, PURWOMARTANI, KALASAN, SLEMAN YOGYAKARTA))
18103050091_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN NORMATIF TERHADAP PEMENUHAN HAK DAN KEWAJIBAN PASANGAN SUAMI ISTRI DALAM KELUARGAMIGRANT WORKER (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN ORA AJI TUNDAN, PURWOMARTANI, KALASAN, SLEMAN YOGYAKARTA))
18103050091_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pasangan suami istri yang ideal adalah apabila suami dan istri tinggal satu rumah. Sehingga dapat melaksanakan hak dan kewajibannya secara maksimal. Bekerjanya seorang istri pada keluarga Pekerja Migran di Pondok pesantren Ora Aji ini betujuan agar keluarganya sejahtera, namun tidak dapat dipungkiri menjadi Pekerja Migran ini telah menimbulkan problem dalam rumah tangga mereka terkait pemenuhan hak dan kewajiban. Berdasarkan latar belakang tersebut penyusun tertarik untuk mengetahui bagaimana pemenuhan hak dan kewajiban suami istri dalam keluarga pekerja migran di Pondok Pesantren Ora Aji, serta mengetahui tinjauan Normatif dalam pemenuhan Hak dan Kewajiban suami istri dalam keluarga migran worker di Pondok Pesantren Ora Aji tersebut. Penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan, yaitu penelitian yang dilakukan pada pasangan keluarga migran worker (pekerja migran) di Pondok Pesantren Ora Aji Tundan Purwomartani Kalasan Sleman Yogyakarta. Sifat penelitian ini adalah deskiptif analitik, yaitu penelitian yang menggambarkan objek tertentu dan menjelaskan hal-hal yang terkait dengan sistematis fakta-fakta atau karakteristik populasi tertentu dalam bidang tertentu secara factual dan cermat, dalam hal ini adalah hak dan kewajiban pasangan keluarga migran worker sudah sesuai atau belum dengan hukum Islam. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan wawancara. Pendekatan yang di gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Normatif. Pendekatan normatif yaitu pendektan yang menggunakan sudut pandang hukum islam. Analisis dalam penelitian ini menggunkan metode induktif, yaitu menuraikan data dari lapangan kemudian dianalisis menggunakan ayat-ayat Al-qur‟an maupun hadist, serta kaidah dalam ushul fiqh dan juga menafsiran hukum terhadap suatu masalah yang belum jelas hukumnya dalam Al-qur‟an dan Hadist. Hasil penelitian yang penulis lakukan dapat di simpulkan bahwa terdapat dua kesimpulan, yaitu: pertama, para suami sudah melaksanakan hak-hak dan kewajiban dengan baik, hal itu terlihat bahwa para suami bekerja dan mencari nafkah untuk anak dan istrinya namun para suami belum bisa menyejahterakan keluarganya yang mana istri harus ikut bekerja sebagai Pekerja Migran demi menyejahterahkan dan demi kelangsungan masa depan keluarga tersebut agar lebih baik dalam hal ekonomi dan lain sebagainya. Kedua, Pemenuhan hak dan kewajiban suami istri pada pasangan keluarga Pekerja Migran di Pondok Pesantren Ora Aji sesuai dengan hukum islam yang ada, karena antara madharat dan maslahah itu seimbanag. Walaupun juga dapat menimbulkan dampak negative yaitu kebutuhan biologis suami istri tidak dapat terpenuhi dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Malik Ibrahim, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Suami-Istri, Hak dan Kewajiban Keluarga, Migran Worker
Subjects: HAK ASASI MANUSIA
Hukum Keluarga > Keluarga Islam
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-1) > Hukum Keluarga
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 04 Oct 2022 11:01
Last Modified: 04 Oct 2022 11:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53818

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum