PROBLEMATIKA HUKUM PEMAKAIAN CADAR (STUDI KOMPARATIF PENDAPAT SYAIKH ALI JUM’AH DAN SYAIKH MUHAMMAD BIN SALIH AL-USAIMIN PERSPEKTIF MAQASID ASY-SYARI’AH )

Lilik Abdul Malik Jamjami, NIM.: 18103060010 (2022) PROBLEMATIKA HUKUM PEMAKAIAN CADAR (STUDI KOMPARATIF PENDAPAT SYAIKH ALI JUM’AH DAN SYAIKH MUHAMMAD BIN SALIH AL-USAIMIN PERSPEKTIF MAQASID ASY-SYARI’AH ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA HUKUM PEMAKAIAN CADAR (STUDI KOMPARATIF PENDAPAT SYAIKH ALI JUM’AH DAN SYAIKH MUHAMMAD BIN SALIH AL-USAIMIN PERSPEKTIF MAQASID ASY-SYARI’AH ))
18103060010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA HUKUM PEMAKAIAN CADAR (STUDI KOMPARATIF PENDAPAT SYAIKH ALI JUM’AH DAN SYAIKH MUHAMMAD BIN SALIH AL-USAIMIN PERSPEKTIF MAQASID ASY-SYARI’AH ))
18103060010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Wanita muslimah yang memakai cadar kerap menimbulkan problem sosial di masyarakat Indonesia, baik dari individu pemakai cadar atau lingkungan sekitar. Penggunaan cadar sendiri termasuk perbedaan pendapat (khila>f) dikalangan ahli fikih (fuqaha), disebabkan karena perbedaan pandangan dalam memahami dalil-dalil syariat, misalnya pada ulama kontemporer seperti Syaikh Ali> Jum’ah berpendapat bahwa penggunaan cadar bukan merupakan suatu kewajiban, melainkan hanya sebagai salah satu bentuk adat dalam menutup aurat perempuan, beliau melandaskan pendapatnya pada dalil Alquran surat an-Nur ayat 31, Hadis Nabi, serta pendapat para ulama terdahulu. Lain halnya dengan Syaikh Muh}ammad Ibn S{a>lih al-‘Us\aimi>n beliau berpendapat bahwa penggunaan cadar merupkan suatu kewajiban dalam upaya menutup aurat seorang muslimah, pendapatnya ini beliau landaskan atas pemahamannya pada Alquran surat an-Nur ayat 31 serta beberapa dalil lain dari hadis dan qiyas. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah mengapa dapat terjadi perbedaan pendapat antara Syaikh A<li Jum’ah dan Syaikh Muhammad bin S{alih al-Us\aimin tentang hukum penggunaan cadar. Metode penelitan yang akan digunakan penulis untuk menyelesaikan pokok masalah di atas adalah metode kualitatif berupa penelitan pustaka (library research), yaitu penelitian yang menggunakan data kepustakaan untuk mencari data, dengan sumber data primer berupa dua kitab karya kedua tokoh di atas beserta fatwa-fatwanya sebagai penguat, serta disertakan pendapat-pendapat lain dari kitab maupun buku para ulama baik salaf maupun khalaf sebagai sumber data sekunder. Kemudian pokok permasalahan tadi akan diteliti menggunakan pendekatan us}ul fiqh dan dianalisis menggunakan teori maqa>s}id asy-syari>’ah Imam asy-Sya>t}ibi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Syaikh Ali> Jum’ah menetapkan bahwa penggunaan cadar termasuk pada aspek tersier pada praktik ajaran keagamaan (maqa>sid at-tahsiniyyah), karena dianggap sebagai bagian dari budaya sosial keagamaan. Oleh karenanya Syaikh Ali> Jum’ah menempatkan pemakaian cadar sebagai aspek penyerta (maqa>sid ta>bi’ah) yang bisa diikuti dengan mempertimbangkan kondisi adat dan sosial masyarakat sekitar. Adapun Syaikh ‘Us\aimi>n mengkategorikan penggunaan cadar pada aspek primer pada praktik keagamaan (maqa>sid ad}-d}aruriyyah), oleh karenanya Syaikh ‘Us\aimi>n menempatkan pemakaian cadar sebagai aspek dasar (maqa>sid as}liyyah d}aruriyyah ‘ainiyyah) yang wajib dilaksanakan oleh setiap muslimah di manapun berada karena merupakan bagian dari Syariat Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Hijrian Angga Prihantoro, Lc., LL.M.
Uncontrolled Keywords: Cadar, Hukum Islam, Syaikh Ali Jum’ah, Syaikh Usaimin, Maqasid asy-Syari’ah
Subjects: Perbandingan Madzhab
Gender
Islam dan Pemikiran
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 04 Oct 2022 11:14
Last Modified: 04 Oct 2022 11:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53821

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum