TRADISI PUASA KATERBI’EN DI LINGKUNGAN MASYARAKAT DESA GAPURA BARAT KECAMATAN GAPURA KABUPATEN SUMENEP (Sebuah Kajian Living Hadis)

LUTHFIYAH, NIM.: 17105050068 (2022) TRADISI PUASA KATERBI’EN DI LINGKUNGAN MASYARAKAT DESA GAPURA BARAT KECAMATAN GAPURA KABUPATEN SUMENEP (Sebuah Kajian Living Hadis). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TRADISI PUASA KATERBI’EN DI LINGKUNGAN MASYARAKAT DESA GAPURA BARAT KECAMATAN GAPURA KABUPATEN SUMENEP (Sebuah Kajian Living Hadis))
17105050068_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (TRADISI PUASA KATERBI’EN DI LINGKUNGAN MASYARAKAT DESA GAPURA BARAT KECAMATAN GAPURA KABUPATEN SUMENEP (Sebuah Kajian Living Hadis))
17105050068_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Masyarakat desa Gapurat Barat merupakan bagian dari masyarakat secara keseluruhan penduduka kecamatan Gapura, kabupaten Sumenep, Madura yang memiliki tradisi khas sebagai ciri lokalitas. Tradisi yang menjadi ciri khas lokalitas ini tergambar dalam tradisi puasa katerbi’en atau bisa disebut sebagai puasa yang bertepatan dengan hari lahir seorang anak. Tradisi ini dilakukan oleh orangtua khususnya seorang ibu ketika anaknya memiliki suatu hajat atau hal-hal yang berkaitan dengan kebutuhan atau kepentingan anaknya demi menjalani hidup di masa depan agar lebih mujur, untung, dan penuh berkah. Penelitian ini akan mengungkap tentang sejarah ritual atau tradisi puasa hari katerbi’en yang dilakukan oleh masyarakat desa Gapura Barat. Selain itu, penelitian ini juga berusaha untuk menemukan konsep praktik dan resepsi masyarakat desa Gapura Barat terkait dengan pelaksanaan ritual atau tradisi puasa hari katerbi’en yang sudah lumrah dilakukan. Sedangkan untuk mendapatkan informasi dan data, penelitian ini menggunakan teknik wawancara, rekam, simak, dan dokumentasi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskirptif, yaitu seluruh informasi dan data yang diperoleh akan dikumpulkan, ditranskrip, lalu dianalisis untuk mendapatkan kesimpulan akhir. Dari hasil analisis data yang diperoleh dari informan dapat disimpulkan bahwa meskipun masyarakat desa Gapura Barat melaksanakan tradisi ritual puasa hari katerbi’en tidak mengetahui dalilnya secara pasti dari Alquran dan hadis, namun pelaksanaannya tetap diperolehkan. Sedangkan rujukan mereka yaitu mengacu kepada keterangan dari para kiai dan ulama yang tentunya – para kiai dan ulama – menggunakan landasan yang jelas dari Alquran dan hadis, sebagaimana dalil puasa sunnah Senin dan Kamis yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Nurul Najwah, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Living Hadis, Puasa Sunnah, Puasa Hari Katerbi’en.
Subjects: Ilmu Hadits
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Hadis (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 04 Oct 2022 11:19
Last Modified: 04 Oct 2022 11:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53828

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum